1 July 2013 16:00
Sentuhan Jerman nampaknya kian redup dari NSN (Nokia Siemens Network), pasalnya saham Siemens di vendor jaringan tersebut telah dibeli 50 persen oleh Nokia. Seperti dilaporkan oleh TheNextWeb.com (1/7), Nokia telah mengumumkan pada Minggu, 30 Juni 2013, telah membeli 50 persen saham Siemens dengan nilai kurang dari US$2,6 miliar atau sekitar Rp25,8 triliun.
NSN merupakan vendor jaringan yang didirikan secara sejak tahun 2006. Vendor ini merupakan hasil penggabungan dari dua vendor jaringan yang tadinya berkompetisi, yakni Nokia Network dan Siemens AG. Pada saat berdiri, porsi kepemilikan NSN dibagi dua sama rata, yakni 50 persen Nokia dan 50 persen Siemens. Meski pada kenyataan, Nokia lebih banyak mengambil peran di perusahaan hasil merger ini.
Bagi Nokia, langkah ini merupakan strategi jangka panjang untuk bertarung di bisnis jaringan. Dengan pembelian saham ini, maka Nokia mempunyai hal pengawasan penuh atas bisnis dan pendapatan di sektor jaringan. NSN berkantor pusat di Espoo, Finlandia, sementara untuk kantor regional dan operasionalnya berada di Munich, Jerman.(Haryo Adjie)

 

Sumber : www.thenextweb.com (1/7/2013)