24 April 2013 13:00
Aplikasi Facebook Home sudah bergulir selama sembilan hari. Namun nampaknya antusiasme pengguna smartphone tidak terlalu besar. Selama lebih dari seminggu bertengger di Google Play Store, aplikasi ini rupanya hanya mencatat telah melakukan 500.000 kali download. Padahal, dikutip SELULAR online dari TechCrunch (21/4/2013), Facebook Home sudah mengantongi 100.000 unduhan per hari sejak peluncuran.

Jumlah unduhan tersebut tentunya tidak terlalu mengesankan, mengingat ada lebih dari satu miliar orang menggunakan Facebook setiap bulan. Ini sepertinya pengaruh dari jumlah handset yang kompetibel. Aplikasi ini masih tersedia secara eksklusif di beberapa perangkat tertentu saja. Pasca peluncuran, Facebook Home hanya menjamah smartphone high-end seperti Samsung Galaxy S III, Galaxy Note II, HTC One X, One X+, dan HTC First. Pengguna smartphone-smartphone tersebut pun belum tentu seluruhnya mau memiliki aplikasi ini.

Bukan hanya jumlah unduhan yang menyiratkan betapa kurang pamornya aplikasi launcher Android ini, namun juga nilai rating. Sebelumnya Facebook Home mendapat rating buruk di Google Play Store dengan rating 2.4. Namun, kini semakin menurun lagi menjadi 2.2. Bila dibandingkan dengan aplikasi milik Facebook lainnya, Instagram, bisa dilihat kesenjangan yang sangat jauh. Saat pertama kali dirilis di Android, Instagram sendiri telah mendulang 1 juta download dalam sehari. Kemudian, menembus 5 juta unduhan dalam enam hari.

Meski beberapa pengguna yang mencoba Facebook Home mengatakan bahwa aplikasi ini berjalan dengan lancar serta tidak menguras baterai secara berlebih, namun tentunya tidak luput dari kekurangan. Salah satunya adalah tidak adanya support untuk folder dan widget. Mudah-mudahan ada update fitur yang lebih baik kedepannya. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.techcrunch.com