21 February 2014 18:00
Samsung baru saja mengumumkan Galaxy Core LTE/4G, smartphone low-end yang ditujukan untuk menjerat pengguna yang membutuhkan kecepatan data super cepat, daripada spesifikasi high-end. Perangkat yang kemungkinan akan dipamerkan pada MWC 2014 di Barcelona minggu depan ini “hanya” dibungkus prosesor dual-core 1.2GHz, Android 4.2.2 Jelly Bean dan layar jenis PLS TFT 4,5 inci dengan resolusi di bawah HD yakni 960×540 pixel.

Kamera ganda yang dimiliki berkualitas 5 Mpix dan VGA di bagian depan. Selain itu, pengguna akan mendapat penyimpanan internal sebesar 8GB (ditambah MicroSD), Bluetooth 4.0 dan baterai kapasitas 2100mAh. Sisi positifnya, kamera mampu merekam video 1080p pada 30fps, dan kehadiran TouchWiz UI pada Galaxy Core LTE berarti aneka aplikasi mumpuni Samsung seperti S Voice, S Translator, Continuous Shot dan Smart Shot juga terbenam bersama aplikasi Samsung lainnya. Sisi negatifnya mungkin Samsung akan berusaha menekan banderol handset semurah mungkin, agar kecepatan akses data menjadi fokus kampanye.

Samsung juga telah menjabarkan kalau Galaxy Core LTE/4G (nama akan tergantung pada wilayah), akan menjadi perangkat berkategori 4, yang berarti akan mampu memanfaatkan kecepatan hingga 150Mbps, tergantung pada jaringan apa yang tersedia di wilayah pengguna.

Meski digadang-gadang budget-friendly, namun perusahaan belum mengkonfirmasi harga serta ketersediaannya. Samsung hanya menyebut Galaxy Core LTE/4G akan tersedia di pasar Eropa dan Asia. Kita mungkin akan mendapat info lebih detil di MWC yang mulai dilangsungkan minggu depan. (Nis)

Sumber : http://www.techradar.com/ (17/2/2014)