21 June 2013 16:30

Produsen perangkat mobile Samsung baru saja meluncurkan Samsung Galaxy NX Camera pada sebuah perhelatan di London, Inggris. Serasi dengan nama yang diusung, ia adalah kamera berbasis Android yang memungkinkan pengguna menukar lensanya. Menjadikannya perangkat pertama yang mengusung metode tersebut. Setelah mengeluarkan Galaxy Camera original, raksasa Korea tersebut sekarang memasuki level kualitas gambar dengan menambahkan interchangeable lenses ke kamera Android.

Samsung Galaxy NX Camera menyuguhkan sensor 20,3 Mpix dengan hybrid autofocus, yang  berarti deteksi berbasis kontras dan fase. Dengan begitu pengguna bisa mendapatkan autofocus yang tetap baik meski dengan kondisi minim cahaya (yang menjadi masalah klasik pada mayoritas kamera non-DSLR). Samsung telah mengkonfirmasi bahwa Galaxy NX kompatibel dengan lensa untuk kamera interchangeable NX series, termasuk lensa  45mm 2D/3D yang barus saja diumumkan. Sehingga mampu memotret gambar diam pada 8,6FPS dengan kecepatan tembakan hingga 1/6000 detik.

Di sisi platform, Samsung menggunakan prosesor quad-core (soc) pada kecepatan 1.6GHz yang menopang Android 4.2 (Jelly Bean). Seperti perangkat Android lainnya, Anda akan menemukan sebagian besar perangkat lunak sama dengan yang dimiliki smartphone Galaxy. Kamera akan kompatibel dengan aplikasi Android populer, bukan sebatas Instagram atau Facebook saja.

Semoga dengan peningkatan kualitas ini, pengembang aplikasi semi-pro dan foto akan mulai membangun aplikasi khusus yang melampaui fotografi casual dan lebih ke arah artistik atau profesional. Dari sisi vendor, Samsung telah berhasil mengeksplorasi wilayah Android dengan memadukan kamera canggih yang pernah dibangun.

selular19373210120130621161042
Untuk perlengkapan di sisi perangkat keras, kamera ini memiliki LCD touchscreen 4.8 inci dan jendela bidik elektronik terintegrasi. Dua unsur yang sering menjadi pilihan mahal di antara persaingan kamera. Sampai saat ini, Samsung belum berbicara mengenai harga dan ketersediaan. Jika berminat, Anda harus menunggu sedikit lebih lama untuk mengetahui detailnya. (Nis)
Sumber : http://www.ubergizmo.com (20/6/2013)