25 February 2014 16:00
Samsung Electronics membuat pengumuman penting terkait produk wearable terbarunya. Produsen elektronik asal Korea Selatan tersebut resmi memperkenalkan kehadiran penerus dari Galaxy Gear, yang terdiri dari dua varian. Kedua model tersebut diberi label Galaxy Gear 2 dan Galaxy Gear 2 Neo.

Kedua model baru ini tampil lebih ringan dan lebih tipis dari Galaxy Gear keluaran pertama yang dirilis September 2013. Untuk bobotnya masing-masing, Galaxy Gear 2 tertimbang 68 gram, sedangkan Galaxy Gear 2 Neo tercatat 55 gram. Tentunya, kedua smartwatch ini masih lebih ringan dari Galaxy Gear generasi pertama, dengan berat sekita 73 gram. Berbeda dengan Galaxy Gear yang mengadopsi sistem operasi Android, Galaxy Gear 2 dan Galaxy Gear 2 Neo berjalan dengan OS Tizen – sistem operasi yang dikembangkan oleh Samsung.

Dari tampilan desain luar, tali jam tangan yang digunakan smartwatch Samsung kini lebih memiliki tekstur. Tali Galaxy Gear 2 akan hadir dalam varian Charcoal Black, Gold Brown, dan Wild Orange. Sedangkan, Galaxy Gear 2 Neo akan menawarkan pilihan tali Charcoal Black, Mocha Grey, dan Wild Orange. Talinya pun bisa dilepas dan dipasang kembali sesuai warna keinginan pengguna. Kedua model baru ini pun disertakan sertifikasi IP67 sehingga memiliki kemampuan anti-air dan anti-debu.

Perbedaan mendasar antara Galaxy Gear 2 dan Galaxy Gear 2 Neo terletak pada fitur kamera. Galaxy Gear 2 sudah dibekali kualitas kamera 2 megapixel Auto Focus (1920×1080, 1080×1080, 1280×960), sementara Galaxy Gear 2 Neo hadir tanpa ada dukungan fitur kamera. Sesuai kata “Neo” di belakang namanya, bisa dibilang spesifikasi Galaxy Gear 2 Neo lebih rendah dari Galaxy Gear 2.

Sementara itu, persamaan spesifikasi keduanya meliputi layar berukuran 1.63 inchi super AMOLED dengan resolusi 320 x 320 pixel, prosesor dual-core 1GHz, RAM 512MB, memori internal 4GB, Bluetooth v4.0 LE , dan baterai bermuatan 300mAh.

Di duo smartwatch terbaru ini, Samsung menanamkan sensor IrLED, sehingga menjadikan Galaxy Gear 2 dan Galaxy Gear 2 Neo sebagai alat pengontrol TV dan set top box Samsung via aplikasi WatchON Remote. Fitur menarik lainnya adalah sensor detak jantung yang akan memberikan lebih banyak data untuk meningkatkan aplikasi fitnes. Monitoring detak jantung ini memungkinkan monitoring tidur yang lebih akurat, sebuah fitur yang mungkin cukup mendorong perkembangan di pasar wearable device.

Galaxy Gear 2 dan Galaxy Gear 2 Neo juga dapat dengan mudah diubah menjadi perangkat music player dengan dukungan Bluetooth. Pengguna dapat mengajak perangkat ini beraktivitas di luar ruangan sambil mendengarkan musik tanpa harus membawa smartphone.

Kumpulan aplikasi pre-instal di smartwatch generasi kedua tersebut antara lain Banjo, BMW, CNN , Conde Nast, Expedia, eBay, Evernote, Feedly, GARMIN, Glympse, GM (Onstar 4GLTE), iControl, Line, Path, Paypal, RUNTASTIC, Volkswagen, Weather Channel, dan Under Armour(Map my fitness).

Galaxy Gear 2 dan Galaxy Gear 2 Neo akan dipajang dalam acara MWC 2014 yang digelar di Barcelona, Spanyol. Meski belum ada harga resmi, namun Samsung menjanjikan ketersediaan kedua produknya tersebut bakal tersedia di pasaran mulai April 2014. (Choi)

Sumber : http://www.samsung.com/