28 March 2013 13:00
Samsung siap untuk mengambil alih peran Apple sebagai vendor dengan pertumbuhan gemilang, karena masih memegang rekor penjualan smartphone terbanyak di kuartal pertama 2013.

Dikutip SELULAR online dari Yonhap News (28/3/2013), analis dari Counterpoint Research memperkirakan Samsung bakal mampu menjual sekitar 25 juta unit smartphone setiap bulan selama tahun 2013, dengan total lebih dari 70 juta unit di kuartal pertama. Ini sungguh kesuksesan yang membanggakan. Mengingat produk anyarnya Galaxy S III baru menginjak usia tujuh bulan setelah peluncuran, dan Galaxy S4 pun belum dipasarkan sama sekali. Dan pada kuartal pertama setiap tahun, biasanya permintaan konsumen terhadap smartphone masih rendah.

Perusahaan riset yang berbasis di Hongkong itu juga mengungkapkan bahwa pangsa pasar Samsung meningkat dalam dua bulan pertama tahun ini, dari semula tumbuh dari angka 32 persen pada kuartal keempat 2012 menjadi 35 persen di kuartal pertama 2013. Karenanya, Samsung makin memantapkan posisinya untuk semakin dominan di industri smartphone

Sebagai perbandingan, perusahaan asal Korea Selatan itu diduga telah mengapalkan sedikitnya lebih dari 200 juta smartphone sepanjang tahun 2012. Pada kuartal keempat 2012, Samsung menjual 64.5 juta smartphone. Penjualan smartphone yang baik dan perangkat mobile yang canggih membantu meningkatkan volume penjualan rata-rata Samsung sehingga meningkatkan laba usaha.

Rivalnya, Apple dan LG juga diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar mereka di kuartal pertama. Diprediksi Apple akan mencapai pangsa pasar 21 persen, sementara LG akan tumbuh menjadi 4.3 persen dari 4 persen. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : http://english. yonhapnews.co.kr