27 February 2013 20:30
Jakarta – Imbas penetrasi smartphone ke pengguna selular Tanah Air adalah lonjakan pengakses data di tiap operator. Akses data berlimpah itu lambat laun mengubah cara bersosialisasi pengguna selular melalui perangkatnya. Kalau dulu ada layanan SMS juga MMS, untuk berkirim pesan teks dan gambar, kini, dengan jalur data kian kencang, pengguna banyak beralih ke aplikasi instant messaging besutan pengembang pihak ketiga. Sebut saja Yahoo Messenger, Google Talk, BlackBerry Messenger, hingga WhatsApp.

Sejak kuartal ketiga 2012, muncul aplikasi chatting generasi baru yang hinggap ke konsumen Tanah Air. Bukan hanya bisa melayani  pengiriman pesan teks dan gambar, pengguna juga bisa melakukan panggilan telepon melalui jalur data. Jadi tidak akan memotong pulsa regular, karena menggunakan kuota data plan yang Anda miliki. Aplikasi itu seperti Line dan WeChat.

Nah, pada awal 2013 ini, pasar aplikasi chatting nasional kembali kedatangan aplikasi generasi terbaru bernama Kakao Talk. Bukan hanya sudah mendukung semua fitur yang ada pada layanan terdahulu, Kakao Talk juga menambahkan fitur group call hingga lima pengguna melalui jalur data dalam kualitas suara HD (conference call). Fitur lain yang juga disuguhkan hampir serupa dengan aplikasi chatting lain seperti group chat, theme, emoticon, stiker, dan animasi bersuara. Hebatnya, animasi yang dihadirkan mayoritas bercitarasa nasional dengan karakter artis lokal. Ya, chatting di mobile phone sudah semewah itu dengan aneka fitur.

Aplikasi chatting favorit di negara asalnya Korea Selatan ini sudah diperkenalkan di pengguna smartphone Tanah Air sejak Januari 2013. Kakao Talk mengklaim telah mencatat kenaikan 288 persen untuk penggunaan di Indonesia selama hampir 60 hari keberadaannya. Total pengguna Kakao Talk mencapai 81 juta secara global.

Gandeng Mitra Lokal
Selain membawa fitur anyar (group call), Kakao Talk melakukan persiapan matang dalam mengarungi pasar chatting nusantara. Ia menggandeng beberapa mitra lokal untuk menambahkan konten Indonesia. Termasuk di antaranya membuat emoticon khusus dengan warna lokal bersama desainer dan developer anak negeri. Kakao Talk bekerjasama dengan operator XL untuk membuat paket khusus untuk pembelian konten melalui jalur singkat, yakni potong pulsa. Pengguna Kakao Talk yang menggunakan kartu XL bisa melakukan penukaran emoticon premium dengan pulsa sejak Februari.

Jadi jangan heran nanti ketika Anda menginstal Kakao Talk di smartphone Android, iOS, BlackBerry, atau Windows Phone, akan menemukan emoticon atau stiker bertemakan Sherina, Rossa, Ungu, Afgan, Saykoji, Fitri Tropika, dan lain-lain. Pengguna bisa berkirim emoticon (gambar dan animasi) dengan wajah artis tadi dalam beragam ekspresi. Sampai saat ini ada 18 set emoticon dalam konteks Indonesia, termasuk emoticon K-Pop dalam bahasa Indonesia, contohnya animasi Super Junior dengan ucapan “Terimakasih”.

Sebagai salah satu kampanye dalam mempromosikan aplikasi ini, Kakao Talk bersama XL mengadakan kompetisi Kakao Game Anipang, yang sudah berlangsung sejak pekan lalu sampai 3 Maret mendatang. Bagi Anda yang ingin berpartisipasi, bisa mengunjungi XL Xplor di Central Park Jakarta. (Khoirunnisa)

 

Sumber : www.selular.co.id (27/2/2013)