Layaknya Apple dengan iOS dan Google dengan Android, Samsung juga mengembangkan sistem operasi mobile sendiri bernama Tizen. Smartphone perdana berbasis Tizen dikabarkan segera hadir tahun ini. Sekarang, beredar satu foto handphone yang menjalankan OS berbasis Linux tersebut. Foto perangkat dengan nama kode Redwood itu diunggah oleh seseorang di forum TizenGreekCommunity.

Seperti terlihat di foto, Redwood dengan nomor model GT-i8800 bukan hanya akan menjalankan Tizen 2.1 Magnolia tapi juga akan menyajikan fitur pengenal-suara dan perintah-suara besutan Samsung di dalamnya, yakni S-Voice. Meski awalnya diharapkan handphone akan mengoperasikan Tizen 2.0, foto di atas jelas menunjukkan kalau Samsung memilih untuk menggunakan versi terakhir dari OS tersebut. Namun, hingga sekarang belum diketahui fitu-fitur yang ditawarkan Redwood GT-i8800. Secara garis besar Redwood mengusung layar resolusi HD 720p atau 1280 x 720 piksel dan ditenagai prosesor ARM Cortex-A9.

Tizen adalah sistem operasi berbasis Linux yang muncul setelah pengembangan lebih lanjut dari MeeGo OS besutan Nokia dan Intel dihentikan. Awalnya, Nokia bersama Intel mengembangkan MeeGo, tetapi Nokia memutuskan menghentikan proyek MeeGo dan sekarang diambil alih oleh Samsung dan diganti nama menjadi Tizen OS.

Sistem operasi Tizen OS ini menggunakan interface dari HTML5, sama dengan Firefox OS. Tak cuma itu, Samsung menjanjikan Tizen OS sebagai sistem operasi yang open source. Samsung Redwood GT-i8800 diperkirakan akan meluncur ke pasar pada akhir tahun ini. Namun sepertinya bisa lebih cepat. (Nis)

28 May 2013 13:00

Sumber : http://www.engadget.com (24/5/2013)