15 March 2013 15:00
Ini dia perangkat paling ditunggu-tunggu dari penguasa smartphone dunia. Samsung baru saja meresmikan perangkat andalannya untuk tahun 2013, yakni Galaxy S4. Penerus singgasana dinasti Galaxy tersebut hadir dengan layar super AMOLED 4,99 inci dengan resolusi 1920×1080 pixel. Layar S IV tetap memiliki konfigurasi matrix PenTile, meski tidak terlihat berbeda dengan kerapatan warna yang super-ketat 441 ppi.

Versi internasional Samsung Galaxy S4 akan ditunjang chipset Exynos 5 Octa, yang menyediakan empat-inti Cortex A15 yang berputar pada kecepatan 1,6GHz, empat-inti Cortex A7 berlari pada 1,2GHz dan GPU PowerVR SGX 544MP3.

Nantinya juga akan ada versi lain yang beredar di beberapa negara, yang akan ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 600 dengan empat-inti Krait 300 dan GPU Adreno 320. Kedua versi ini sama-sama menawarkan koneksi LTE dan memori RAM 2GB.

Panel belakang Galaxy S4 menampilkan lensa kamera 13 Mpix sedangkan kamera bagian depan bersensor 2,1 Mpix yang akan berfungsi untuk video chat dan pelengkap fitur baru yang melibatkan eye-tracking (identifikasi mata) dan hand-tracking.

Lebih tipis dari jagoan tahun lalu, Galaxy S4 berbodi pipih 7,9mm, meski layarnya lebih besar dan lebih menyempit berkat bezel yang lebih tipis. Smartphone ini memiliki finishing hyperglaze serupa dengan edisi sebelumnya, tapi dengan pola berbeda di panel belakang. Dengan bobot 130 gram, Galaxy S4 juga lebih ringan dibandingkan Galaxy S III, padahal menyediakan baterai kapasitas lebih besar 2600mAh.

Perangkat andalan Samsung untuk 2013 ini memiliki tiga opsi penyimpanan lokal, yakni 16GB, 32GB, dan 64GB. Opsi mana saja, mereka tetap menyediakan slot micro SD untuk ekspansi memori.

Serupa dengan HTC One, Galaxy S4 berfungsi sebagai IR blaster, sehingga bisa digunakan sebagai pengendali jarak jauh untuk TV atau peralatan elektronik rumah tangga lainnya.

Samsung Galaxy S4 mengusung Android 4.2.2 Jelly Bean dan tersemat beberapa fitur baru yang keren. Seperti Sound and Shot, yang akan mengambil klip gambar selama 9 detik dengan suara (serupa fitur HTC Zoe). Lalu ada fitur Drama Shot yang akan meotret setumpuk foto dan mengombinasikan mereka menjadi satu frame. Cinema Photo menyerupai Cinemagraph yang ada di Nokia yang memberikan Anda rekam video dan memilih bagian mana yang ingin dianimasikan dan mana yang statis, hasilnya berupa format GIF. Anda juga bisa menghapus objek dari sebuah foto dan rekam video secara bersamaan dari kamera depan dan belakang (1080p).

Samsung sudah membenamkan S Translator, yang bekerja dengan email dan ChatON. Fitur ini bisa menerjemahkan semua bahasa mayor di dunia pada saat peluncuran, dan akan ditambahkan lagi seiring waktu.

 selular13204439220130315152546
Lalu ada fitur Smart Pause yang akan menghentikan sesaat video yang sedang disaksikan jika bola mata Anda terdeteksi menjauh dari layar, sementara Smart Scroll bisa menggulir halaman web hanya dengan memiringkan atau menengadahkan perangkat sambil menatapnya.

Health and Wellness merupakan teknologi TouchWiz yang ditingkatkan pada paket Samsung Galaxy S4. Aplikasi S Health bisa mengukur langkah, kalori, bahkan keadaan sekitar Anda berada, seperti suhu dan kelembaban, dan lain-lain. Fitur ini membutuhkan asesoris tambahan berupa S Band dan monitor Heart Rate.

Samsung Galaxy S4 akan mulai beredar secara bertahap di beberapa negara di bulan April dalam dua balutan warna, putih dan hitam. Sedangkan informasi harga akan menyusul mendekati penjualan retail. (Khoirunnisa)

 

Sumber : http://www.gsmarena.com (15/3/2013)