2 July 2013 16:00
Lagi-lagi Microsoft bereksperimen dengan teknologi pendeteksi sensor. Awal tahun ini, raksasa teknologi tersebut sudah mengajukan paten yang akan memungkinkan Windows Phone untuk memasukkan “inconspicuous mode“ ketika mendeteksi hal-hal tertentu seperti pencahayaan suatu daerah serta lokasi. Kini terbaru, perusahaan yang berbasis di Redmond itu dikabarkan sedang mengembangkan teknologi sensor pendeteksi suasana hati (mood).

Dalam sebuah makalah penelitian baru-baru ini yang ditulis oleh Microsoft Research Asia, perusahaan diduga bakal membuat sebuah software untuk smartphone yang berbasis teknologi sensor emosi manusia. Menurut laporan, Microsoft telah berhasil membangun sebuah prototipe yang bisa mendeteksi mood pengguna, dengan akurasi rata-rata hampir 66%. Para tim peneliti pun menargetkan standar keakurasian hingga 72 hingga 93%. Dalam sebuah penelitian dengan 32 partisipan, tingkat akurasi mendeteksi suasana hati melonjak menjadi 95% setelah dua bulan pelatihan.

Teknologi ini sendiri disebut MoodScope, yang secara otomatis mengetahui suasana hati pengguna, untuk kemudian di-share dengan teman-teman secara real time melalui situs jejaring sosial, seperti Facebook atau Twitter.

MoodScope akan mengukur keadaan mental para pengguna dan mengklasifikasikannya apakah sedang tegang, senang, marah, bosan, tenang, stres, atau gembira. Bahkan, teknologi ini juga akan merekomendasikan layanan video dan musik berdasarkan suasana hati Anda. Misalnya lewat Netflix atau Spotify .

“Pengguna dapat mengetahui bagaimana dan kapan untuk berkomunikasi dengan orang lain,” papar salah satu kalimat di makalah tersebut. Microsoft yakin teknologi ini bisa membantu menginformasikan suasana hati Anda tepat ke lawan bicara sebelum menelepon atau chatting. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.engadget.com