12 March 2013 10:00
Sebelumnya, tersebar kabar yang menyatakan Samsung bakal meluncurkan Galaxy S IV dalam waktu dekat ini (14 Maret). Tidak lama berselang, vendor asal Korea Selatan tersebut nampaknya juga akan merilis lanjutan phablet unggulannya, Galaxy Note. Menurut Korea Times (6/3/2013), phablet generasi ketiga itu diisukan akan memulai debut pada paruh kedua tahun 2013 ini.

Saat ini, terdengar kabar bahwa Samsung sedang menyiapkan phablet Galaxy Note III dengan ukuran layar mencapai 5.9 inch OLED (organic light-emitting diode). Padahal rumor sebelumnya mengatakan phablet versi ketiga itu nantinya mengusung bentang layar lebih besar yakni 6.3 inchi dengan prosesor 8 inti.

Menurut urutan phablet dari generasi pertama, Samsung memang semakin memperbesar ukuran layarnya. Galaxy Note versi original memiliki bentang layar berukuran 5.3 inchi, sementara Galaxy Note II menampilkan layar berukuran 5.5 inchi. Jadi, tidak mengejutkan bila kita akan melihat perangkat Galaxy Note baru dibekali layar lebih besar nantinya.

Seorang sumber dalam perusahaan membeberkan mengenai komponen internal dari Galaxy Note III ini. Phablet akan ditenagai oleh chipset Exynos octa-core untuk memenuhi permintaan konsumen agar pengolahan data bisa bekerja lebih cepat dan kecepatan download.

Samsung memang telah mendapatkan posisi yang kuat di pasar phablet dengan merilis Galaxy Note II 5.5 inchi. Perusahaan ini telah menjual lebih dari 10 juta unit Galaxy Note II sejak diresmikan September 2012 lalu. Namun, gempuran dari para pesaing tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kini ada fenomena baru yang diciptakan banyak vendor Cina (salah satunya Huawei). Mereka telah memperkenalkan phablet berukuran 5.8 inchi sampai 6 inchi untuk menarik konsumen supaya beralih ke ukuran phablet yang lebih besar. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.koreatimes.co.kr