11 June 2014 14:30
Pekan lalu terdengar kabar bahwa Nokia tengah mengerjakan project smartphone Windows Phone baru dengan nama kode McLaren. Sayangnya terlepas dari nama, tidak banyak lagi yang diketahui tentang perangkat tersebut, setidaknya sampai sekarang. Sumber yang akrab dengan handset mengungkapkan kepada situs The Verge mengenai sejumlah fitur yang akan diusung ponsel pintar tersebut.

Sebagai permulaan, handset diharapkan menjadi penerus Nokia Lumia 1020 dengan menampilkan kamera yang lebih powerful dari pendahulunya. Kedua, sumber itu juga mengatakan bahwa ponsel akan datang dengan gesture yang unik dan fitur yang akan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan perangkat mereka tanpa harus menyentuh tombol apapun.

Teknologi ini dikenal sebagai 3D Touch atau Real Motion, dan telah menjadi bagian dari teknologi yang dikembangkan Nokia selama beberapa tahun terakhir, sebelum Microsoft secara resmi mengakuisisi perusahaan. Beberapa contoh bagaimana 3D Touch bekerja termasuk ponsel mampu menjawab panggilan masuk hanya dengan mendekatkan ponsel di samping telinga Anda, atau mengakhiri panggilan dengan memasukkannya ke dalam saku. Menaruh ponsel di atas meja otomatis mengaktifkan speakerphone, menyeret jari di sepanjang tepi ponsel bisa memperbesar lensa kamera. Ponsel juga akan mampu mendeteksi orientasi berdasarkan pegangan, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang orientasi layar akan bergeser saat berbaring di tempat tidur.

Jika Anda merasa akrab dengan fitur-fitur di atas, itu karena Amazon dikabarkan sedang mengembangkan sesuatu serupa yang diharapkan untuk debut di smartphone besutannya mendatang, yang jadwalnya akan diumumkan pada 18 Juni. Sebaliknya, kami tidak tahu kapan Nokia McLaren akan debut, tapi 3D Touch atau Real Motion terdengar sangat menarik, dan bisa menciptakan gaya baru bagaimana pengguna berinteraksi dengan ponsel mereka di masa depan. (Nis)

 

Sumber : http://www.ubergizmo.com (9/6/2014)