Sunday, May 26, 2019
Home News Rumor, Nokia Lumia Bakal Adopsi Built In Solar Charging

Rumor, Nokia Lumia Bakal Adopsi Built In Solar Charging

-

20 March 2013 17:30
Rumor ini berhembus setelah muncul sosok foto smartphone Lumia Windows Phone berwarna kuning di fan page Facebook Nokia kemarin (19/3). Dalam keterangan foto tersebut tertulis “sun, sun, sun, here we come.” Kemudian banyak orang yang mengartikan vendor asal Finlandia ini tengah mempersiapkan seri smartphone Lumia dengan kemampuan pengisian baterai via cahaya matahari (solar charging).
Dugaan seputar adopsi solar charging di smartphone Nokia cukup kuat, lantaran vendor ini sudah sejak lama mengusung teknologi hijau dan penggunaan material ramah lingkungan yang berasal dari bahan daur ulang. Lewat solar charging, maka konsumsi energi listrik dapat ditekan.
Dikutip SELULAR Online dari phonearena.com (19/3), Nokia telah memulai penelitian untuk prototipe smartphone dengan built in solar charging pada awal tahun 2012. Saat itu Nokia memberikan prototipe kepada lima penguji yang tersebar diberagam belahan dunia. Hal ini dimaksudkan untuk mengukur efektivitas dari teknologi charging. Seperti di Kenya (Afrika), matahari terus bersinar sepanjang tahun dan mampu menghasilkan pengisian energi terbaik. Lain hal di area kutub utara, matahari bersinar dari sudut yang rendah dengan pancaran sinar yang minim.
Belum ada konfirmasi dari Nokia seputar rumor ini, semisal menjadi kenyataan ini bukan sesuatu yang baru untuk teknologi handphone. Contohnya Samsung dan LG sudah pernah meluncurkan handphone dengan kemampuan ini, bahkan beberapa tahun lalu Samsung Indonesia pernah meluncurkan seri E1107 Crest Solar untuk entry level. (Haryo Adjie)

 

Sumber : www.phonearena.com (19/3/2013)

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest