19 April 2013 13:30
Tidak bisa dipungkiri kalau nama Samsung sudah termasyur berkat produk mobile-nya, baik itu handphone atau pun phablet (smartphone dan tablet hybrid). Perusahaan asal Korea Selatan itu secara efektif meniup peluit perlombaan phablet saat kali pertama meluncurkan Galaxy Note. Sekarang pabrikan asal Kanada BlackBerry dikabarkan segera berkecimpung dalam perlombaan ini. Diyakini dalam beberapa bulan mendatang, BlackBerry akan merilis phablet 5 inci yang akan terlihat seperti smartphone andalannya saat ini, Z10.
Seorang analis dari Jefferies, Peter Misek, percaya bahwa BlackBerry sedang menggarap sejumlah perangkat baru yang akan diluncurkan menjelang akhir tahun ini. CEO BlackBerry Thorsten Heins telah mengkonfirmasi bahwa perusahaan memang akan merilis empat perangkat baru tahun ini termasuk “flagship paling menarik”.
Selain dugaan phablet 5 inci, Misek juga yakin BlackBerry akan merilis keyboard dan perangkat sentuh kelas menengah. Dia juga mendukung klaim perusahaan bahwa tingkat pengembalian perangkat BlackBerry Z10 tidak setinggi yang diasumsikan banyak pihak dan sejauh ini masih menunjukkan taraf standar. Oleh karena itu, BlackBerry berharap bisa memiliki perangkat yang tersedia untuk setiap ceruk, mulai dari smartphone mid-range sampai smartphone raksasa 5 inci. Akankah strategi tersebut bisa menaikkan pamor perusahaan di pasar smartphone yang kompetitif? (Khoirunnisa)

 

Sumber : http://blogs.barrons.com (16/4/2013)