10 April 2013 16:00
Vendor handphone nampaknya cukup sukses mengangkat pamor ekosistem aplikasinya. Hal ini dibuktikan dengan tren tingkat unduh aplikasi mobile yang naik 11% pada kuartal pertama 2013. Parameter peningkatan tersebut berdasarkan analisis unduhan gabungan di toko aplikasi iTunes App Store, Google Play, Windows Phone Marketplace, dan BlackBerry World dengan total mencapai 13,4 juta di kuartal pertama 2013.
Informasi yang disampaikan lembaga riset Canalys menyebutkan, pendapatan di segmen aplikasi mobile juga meningkat 9% dibanding kuartal keempat 2012 dengan nilai 2,2 miliar dollar. “Kemampuan aplikasi dalam mendukung personalisasi kebutuhan menjadikan tingkat unduhan kian meningkat pada smartphone dan tablet,” ujar Tim Shepherd, analis senior Canalys. Laporan Canalys juga menyebut bahwa App Store dan Google Play sebagai pemain utama, sementara BlackBerry World dan Windows Phone Marketplace dikategorikan sebagai pemain di kelas penantang yang harus diwaspadai.
Dengan dinobatkannya Android sebagai pemimpin pasar di segmen OS (operating system), membawa pengaruh positif bagi Google Play sebagai toko aplikasi dengan tingkat unduhan aplikasi terbesar. Sementara untuk soal keuntungan penjualan, App Store merajai dengan meraih pendapatan 74%. Sudah bukan rahasia lagi bila kualitas aplikasi di App Store lebih baik, tapi sebaliknya Google Play lebih banyak menawarkan aplikasi dan game gratisan.
Dikutip SELULAR Online dari Canalys.com (8/4/2013), riset ini mengambil pola unduh aplikasi yang terjadi di 50 negara. Lebih lanjut dipaparkan Amerika Utara dan Eropa menjadi pasar terkuat dalam pertumbuhan pasar aplikasi, meski juga diakui pasar negara berkembang dengan tingkat adopsi smartphone dan tablet tinggi memegang peranan signifikan dalam tren unduhan aplikasi. Dalam hal ini Indonesia juga disebut, selain ada Afrika Selatan dan Brazil. (Haryo Adjie)

 

Sumber : www.canalys.com