22 April 2014 13:00
Samsung baru-baru ini menandatangani sebuah kesepakatan dengan perusahaan kereta api nasional di Swiss. Perusahaan yang sama yang pernah menuntut Apple ke pengadilan karena telah menyalin salah satu desain jam ikonik mereka. Pengumuman kemitraan dengan Swiss Federal Railways dianggap sebagian pihak sebagai usaha Samsung mencemooh Apple.

Awal bulan April lalu, Samsung mengungkap jika perusahaan telah mencapai kesepakatan dengan Swiss Federal Railways untuk memasok 30.000 ponsel dan tablet kepada organisasi yang dikenal juga dengan nama SBB, singkatan dari Schweizerische Bundesbahnen. Kembali ke tahun 2012 setelah Apple mengumumkan iOS 6, perusahaan kereta api milik negara menggugat Apple di ranah publik. SBB menuduh iPhone mencuri desain wajah jam ikonik yang diciptakan pada tahun 1944 oleh insinyur Swiss Hans Hilfiker. Jam milik SBB itu masih digunakan di stasiun kereta api yang beroperasi di Swiss, dan desain jam analog Apple yang digunakan di iOS 6 memiliki kemiripan yang mencolok.

Karena tuntutan itu, Apple akhirnya harus membayar denda US$21 juta kepada SBB pada akhir tahun 2012 untuk lisensi desain jam tadi. Karena sengketa itulah Bloomberg melaporkan pekan lalu, kesepakatan baru Samsung dengan SBB dinilai sebagai cara raksasa elektronik Korea Selatan tersebut “menusuk” Apple. Juga semakin menambah kecurigaan karena Samsung sepertinya sengaja membuat pengumuman kemitraannya saat sidang pelanggaran paten perusahaan dengan Apple tengah berlangsung dan banyak disorot publik. Baik Samsung maupun Apple belum mengomentari masalah ini, tapi juru bicara kereta api Swiss mengatakan kepada Bloomberg bahwa Samsung membuat penawaran terbaik.

SBB berencana untuk menggunakan rangkaian ponsel dan tablet Samsung Galaxy untuk komunikasi karyawan, pembelian tiket, dan layanan lainnya sebagai bagian dari kontrak. (Nis)

Sumber : http://www.bloomberg.com (15/4/2014)