24 June 2014 14:30
Mungkin Anda termasuk salah satu dari banyak orang yang tidak percaya kalau akan membaca judul berita ini. Kurang dari satu dekade lalu Nokia adalah salah satu vendor ponsel terbesar di dunia. Setelah bertahun-tahun, penjualannya kian menurun dan pangsa pasarnya semakin menyusut, dan perusahaan akhirnya menjual bisnis perangkat dan layanannya ke Microsoft. Kendati Nokia bukan lagi produsen ponsel seperti yang dulu, perusahaan tetap hidup dalam bentuk yang berbeda. Dan sekarang, perusahaan asal Finlandia itu baru saja mengumumkan sebuah peluncur untuk smartphone Android.Tentu tidak ada yang salah dengan sebuah LauncherAndroid. Tapi yang menarik untuk dilihat adalah bagaimana Nokia mencoba untuk mengatur penawarannya secara terpisah. Peluncur tersebut bernama Z Launcher, dirancang agar memungkinkan pengguna perangkat Android bisa mengakses segala sesuatu “dalam satu detik.”

Lalu bagaimana tampilan cita rasa Nokia di handset Android? Jika Anda telah mengaktifkan Z Launcher, barisan atas layar akan terpampang jam, tanggal, dan satu event mendatang yang diambil dari kalender. Men-tap jam akan membuka penunjuk waktu dan menyentuh acara akan membuka kalender. Sedangkan di bagian bawah layar berjejer lima cara pintas yang akan mengarahkan pengguna ke aplikasi dan layanan yang sering mereka gunakan. Enam shortcut yang mengisi layar terdiri dari aplikasi dan layanan yang disesuaikan dengan waktu. Misalnya selama siang hari, layar akan menampilkan jalan pintas ke aplikasi produktivitas, sedangkan di malam hari layar akan menayangkan jaringan sosial dan layanan streaming musik.

Peluncur diprogram agar terus-menerus mempelajari dan berevolusi berdasarkan pola penggunaan pemakainya untuk memastikan bahwa pengguna hanya melihat konten yang paling mereka inginkan untuk digunakan pada setiap saat. Juga dilengkapi dengan fitur inovatif bernama Scribble yang memungkinkan pengguna untuk membuka aplikasi apapun hanya dengan menulis satu huruf di mana saja di dalam layar. Jadi untuk meluncurkan Twitter misalnya, pengguna hanya harus menuliskan huruf T. Pengguna bahkan dapat melakukan pencarian web dengan menulis di layar.

Kompatibel dengan kebanyakan ponsel Android, Nokia Z Launcher sudah tersedia untuk diunduh gratis walaupun masih dalam bentuk beta pre-release. Ulasan dari pengguna awal menunjukkan sambutan hangat, dan tentu akan menjadi lebih baik lagi jika sudah mencapai bentuk final. (Nis)

 

 

Sumber : https://www.zlauncher.com