24 April 2013 16:00
Seperti telah kami beritakan kemarin, Nokia akan meluncurkan handphone seri Asha qwerty terbarunya pada hari ini. Tepat sesuai yang dijanjikan, bertempat di Espoo, Finlandia, hari ini telah resmi meluncur seri Nokia Asha 210. Handphone yang masuk dalam golongan entry level ini ditawarkan dalam dua versi, yakni single SIM card dan dual SIM card. Kedua versi memiliki desain yang serupa.
Nokia Asha 210 mengusung beberapa fitur andalan di kelas pemula, sebut saja ada koneksi WiFi, kamera 2 megapixels, dan Nokia Xpress browser. Yang lebih menarik lagi, Asha 210 dilengkapi dengan tombol akses ke aplikasi chat WhatsApp, dan ini menjadi yang pertama di dunia, mengingat selama ini vendor-vendor hanya terbiasa membuat tombol akses untuk ke Facebook. Menunjang pangsa Asha yang digemari kaum muda, Asha 210 juga dibekali aplikasi berbasis jejaring sosial, seperti Facebook, Twitter serta layanan email dari Gmail.
Untuk kamera 2 megapixels-nya dilengkapi dengan self portrait dan fast editing. Sayangnya kemampuan koneksi selular hanya dibatasi di jaringan 2G (GPRS/EDGE). Sedangkan untuk konektivitas jarak dekat, selain WiFi ada Bluetooth dan microUSB. Bagaimana seputar kapasitas memori? Untuk internalnya disiapkan 64MB dan eksternal dengan microSD hingga 32GB.
Handphone dengan bentang layar 2.4 inchi (320×240 pixels) ini dilengkapi fasilitas easy swap untuk yang versi dual SIM card. Dikutip SELULAR Online dari press.nokia.com (24/4/2013), disebutkan Asha 210 punya kehandalan dalam ketahanan baterai, untuk versi single SIM card waktu siaga bisa mencapai 46 hari, dan versi dual SIM card bisa bertahan sampai 24 hari.
Asha 210 tersedia dalam pilihan warna kuning, magenta, putih, hitam, dan cyan. Dengan perkiraan harga US$72 (Rp700 ribuan), handphone bakal mulai dipasarkan pada kuartal kedua tahun ini. Besar kemungkinan Asha 210 akan masuk pasar Indonesia. Buat Anda penggemar Nokia Asha, bersiaplah menanti kedatangannya. (Haryo Adjie Nogo Seno)

 

Sumber : www.press.nokia.com (24/4/2013)