3 August 2013 10:00
Mediatek memperbaharui portofolio chip besutannya, dengan memperkenalkan chip octa-core pertama. Chipset ini diberi label MT6592. Setelah chip quad-core pertama MT6589, produk kali ini pastinya lebih kuat.

SoC terbaru dari Mediatek ini disebutkan bekerja secara simultan. Berbeda dengan teknologi octa-core yang terdapat di Samsung Exynos Octa, yang menggunakan dua buah prosesor quad-core dan keduanya bekerja secara bergantian tergantung dari berat atau ringan data yang diproses oleh samrtphone tersebut. Prosesor octa-core menawarkan peningkatan kinerja, efisiensi daya dan pengalaman pengguna yang lebih baik. Sama seperti pendahulunya, MT6592 akan didasarkan pada Cortex A7 dan dijalankan pada kecepatan hingga 2GHz.

MediaTek true octa-core mengalokasikan daya proses untuk core yang berbeda per-aplikasi dan per-task, sehingga lebih baik dalam hal multi-tasking. Prosesor ini juga memiliki kemampuan untuk mendelegasikan input pengguna untuk core individu dan membuat efek 3D lebih lancar, beserta peningkatan user interface (UI).

Lebih lanjut, prosesor octa memiliki fitur video playback yang efisien untuk meredam daya baterai dalam decoding video HEVC FHD hingga 18%, jika dibandingkan dengan prosesor quad-core yang telah beredar saat ini. Ada juga “formula” fitur web browsing canggih untuk tab browser.

Sayangnya, tidak ada informasi mengenai spesifikasi dan tanggal peluncuran prosesor octa-core ini. Semoga saja akhir tahun ini kita bisa melihat kehadiran dan merasakan performanya. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.gsmarena.com