14 August 2013 09:30
MediaTek telah meluncurkan quadcore SoC baru dengan label MT8135 big.LITTLE, untuk merambah produk tablet middle-range hingga high-end. Tidak seperti big.LITTLE ARM chip lainnya, MT8135 mampu beroperasi di cluster ganda yakni dual Cortex-A15 dan dual Cortex-A7 secara bersamaan. Tidak seperti konfigurasi big.LITTLE original, di mana hanya satu cluster dapat beroperasi pada waktu tertentu (tergantung seberapa berat beban kerja).Keunggulan lainnya, MT8135 bakal menjadi SoC pertama yang datang membawa PowerVR Series6 GPU, yang dinilai menawarkan hingga empat kali tenaga kuda ALU (arithmetic logic unit)  dari pendahulunya, Series5XT (quad-A7 MT8125).

47
48
PowerVR Series6 memungkinkan grafis mobile canggih, bermain game secara mulus, navigasi 3D dan layanan berbasis lokasi, kamera lebih baik, pengolahan gambar yang halus, aplikasi augmented reality, dan antarmuka resolusi tinggi. MediaTek turut membekali quadcore SoC barunya tersebut dengan Miracast wireless video, mirip dengan MT8125. Meskipun hanya mendukung RAM LPDDR2 bukan LPDDR3.

MT8135 juga mendukung konektivitas 4-in-1 yang mencakup WiFi, Bluetooth 4.0, GPS, dan radio FM, yang dikembangkan in-house oleh MediaTek. Sayangnya hingga kini, belum ada informasi perihal ketersediaan dan harganya. (Choiru Rizkia)

Sumber : www.engadget.com