Tuesday, May 21, 2019
Home News Masuk ke Ekosistem Android, Nokia Genjot Partisipasi Developer

Masuk ke Ekosistem Android, Nokia Genjot Partisipasi Developer

-

selular20140227120308

28 February 2014 09:30
Sejak mengortbitkan ponsel pintar Android pertama, Nokia dihadapkan pada dilema soal keterbatasan smartphone seri X yang tak memiliki akses ke layanan Google, termasuk Google Play seperti kebanyakan perangkat Android lainnya. Padahal, salah satu letak popularitas handset berbasis Android adalah kumpulan aplikasi yang bervariatif dan cenderung gratis di Play Store.

Tak perlu lama memutar otak, Nokia pun lantas mengadakan sebuah kontes secara terbuka khusus untuk para pengembang (developer) yang berminat memasukkan aplikasi besutan mereka sendiri ke dalam toko aplikasi Nokia Store. Sebelumnya, pihak Nokia telah merilis Android SDK Nokia X untuk calon para pengembang aplikasinya. Setiap pengembang dapat mengirimkan (submit) maksimal 10 aplikasi, dan ada kriteria tertentu yang harus dipatuhi supaya lulus seleksi.

Salah satu syarat kontes berbunyi, “Pengembang harus porting aplikasi Android mereka tanpa perlu mengubah nama aplikasi dan juga salah satu fungsinya.” Selain itu, aplikasi tidak boleh menampilkan konten statis dan tidak berisi tentang promosi suatu bisnis. Tiap aplikasi yang dilombakan bisa gratis atau pun berbayar, tetapi tidak keduanya (di Play Store ada beberapa aplikasi yang ditawarkan gratis agar pengguna bisa menjajal terlebih dahulu, dan kemudian ada aplikasi versi lengkap yang memungut biaya, atau versi premium).

Namun, terselip satu ketentuan yang cukup aneh. Dalam syarat lainnya menyatakan bahwa aplikasi “harus tersedia di Nokia Store untuk unduh atau beli di Kanada.” Seperti sudah disebutkan bahwa perusahaan asal Finlandia itu menargetkan perangkat perdana Android miliknya akan merambah pasar negara berkembang. Nokia X tidak bakal dirilis untuk negara-negara modern seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, atau juga Kanada.

Untuk mengirimkan aplikasi, pertama-tama pengguna harus sign-up melalui account di situs DVLUP, dan kemudian menghubungkannya dengan akun Nokia.

Kontes Nokia X ini akan berakhir pada 24 Maret 2014. Masing-masing aplikasi yang berhasil diajukan, pengembang akan menerima poin. Namun, mengenai maksud pengumpulan poin untuk redeem sesuatu atau iming-iming hadiah yang ditawarkan, sayangnya pihak perusahaan belum terperinci membeberkannya. (Choi)

Sumber : http://www.dvlup.com/

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest