25 March 2014 11:00
Smartphone pertama berbasis Android besutan Nokia telah tersedia di India dan Malaysia. Melanjutkan perjalanannya di negara berkembang, smartphone Nokia X ini pun bakal kunjungi Indonesia, pada tanggal 27 Maret lusa.

Nokia Indonesia telah mengirimkan undangan ke media yang berbunyi, “Buktikan sensasi menggunakan Nokia X yang menggabungkan pelayanan terbaik dari Nokia, Microsoft, dan akses ke aplikasi Android”. Acara peluncuran resmi ini akan dihelat di Jakarta, yang merupakan ibu kota dan kota terbesar di Tanah Air.

Terlepas dari Nokia X, perusahaan asal Finlandia itu juga diharapkan untuk memperkenalkan Nokia X+ dan Nokia XL. Namun sayangnya, belum ada kata informasi lebih lanjut terkait kedua anggota X-series tersebut. Dugaannya, kedua model akan dibekali spesifikasi yang sedikit lebih tinggi dibandingkan model Nokia X.

Pekan lalu, Nokia X telah diluncurkan di Malaysia dengan harga 399 ringgit atau sekitar Rp 1,4 juta. Diikuti, pada 10 Maret 2014, Nokia X hadir di India dengan harga 8.600 rupee atau sekitar Rp 1,6 juta. Untuk pasar Indonesia, Nokia X nampaknya akan dijual di kisaran harga Rp 1,5 juta. Mengingat target pasar Nokia X hanya menjangkau pasar-pasar negara berkembang, maka smartphone harga terjangkau ini tidak akan merambah pasar modern dunia seperti Amerika Serikat, Kanada, Korea Selatan, dan Jepang.

Bila Anda berminat memiliki satu unit dari model Nokia X, perhatikan spesifikasinya terlebih dahulu. Nokia X menawarkan spesifikasi khas ponsel kelas menengah antara lain layar IPS LCD 4 inci WVGA (800 x 400 pixels), prosesor Dual Core 1 GHz Qualcomm Snapdragon S4, RAM 512 MB, penyimpanan internal 4 GB yang masih dapat diperluas dengan MicroSD hingga 32 GB, dukungan dual SIM (MicroSIM), kamera utama 3 MP, dan kapasitas baterai 1.500 mAh.

Bicara sistem operasi yang digunakan, Nokia X mengandalkan platform Nokia X (Android AOSP). Smartphone ini tersedia dalam beragam pilihan warna khas Lumia termasuk hitam, biru, hijau, merah, putih, dan kuning. (Choi)