8 March 2014 13:00
Pemerintah dan pelaku bisnis menjadi lebih menaruh perhatian terhadap keamanan informasi personal pada perangkat mobile-nya. Ponsel pintar masa kini memuat sejumlah informasi yang sangat sensitif, termasuk nomor kartu kredit, pesan teks, kontak, foto, kata sandi, perangkat lunak penulusuran lokasi dan rincian mengenai perilaku serta riwayat pencarian para pengguna.

Pesatnya pertumbuhan mobile computing menandakan bahwa orang-orang menyimpan lebih banyak informasi penting pada perangkatnya dibanding sebelumnya. Akibat tuntutan untuk dapat bergerak dan berpindah dengan cepat di lingkungan kerja dewasa ini, kita seringkali membawa data data tersebut ke mana pun kita pergi, sehingga kita dapat tetap produktif dan tersambung di mana pun.

Namun dengan semua kenyataan tersebut, bagaimanakah suatu organisasi dapat memastikan data data pentingnya dapat tetap aman? Bermodalkan pengalaman bekerja dengan pemerintah dan pelaku bisnis di berbagai penjuru dunia Blackberry memiliki perspektif unik mengenai kebijakan dan praktik-praktik apa saja yang dibutuhkan untuk mengatasi persoalan tersebut. Terdapat lima cara yang dapat membantu penerapan solusi yang pintar dan aman:

1.  Pengadopsian komunikasi mobile yang terenkripsi
Solusi-solusi terhadap permasalahan penggunaan perangkat mobile harus menggunakan enkripsi yang bersifat end-to-end sehingga data dapat berpindah dengan aman bahkan melalui saluran-saluran yang rentan gangguan.

2.  Penerapan standar
Pemerintah harus mempertimbangkan kebijakan untuk membuat standar-standar keamanan bagi penggunaan perangkat mobile. Dukungan terhadap standar-standar tersebut memberikan kepastian bahwa informasi yang dimiliki oleh suatu organisasi dapat dipercaya dan sesuai untuk digunakan oleh organisasi-organisasi di dunia yang sangat memperhatikan keamanan informasi serta sebagai fondasi bagi pembangunan kepercayaan dan keyakinan dalam aktivitas ekonomi di dunia maya.

3.  Pemisahan terhadap penggunaan bersifat pribadi dan bisnis
Perusahaan dan bahkan institusi pemerintah semakin melonggarkan penggunaan ponsel pintar pribadi bagi pegawainya untuk kepentingan pekerjaan, dan sebagai akibatnya para pengguna kerap membawa data pribadi dan pekerjaan yang penting kemanapun mereka pergi. Untuk meningkatkan keamanan dan mencegah kehilangan data, organisasi perlu untuk memberikan solusi bagi pegawainya agar dapat memisahkan antara ranah pribadi dan pekerjaan, misalnya dengan containerisation. Teknologi baru telah tercipta untuk memungkinkan solusi dual-persona melalui pemisahan Antara data pribadi dan pekerjaan tanpa mengkompromikan pengalaman pengguna. Sebagai contoh menggunakan Blackberry
Balance dan Secure Workspace.

4.  Mempromosikan keselamatan penggunaan perangkat mobile
Pemimpin organisasi pada dasarnya bertanggung jawab untuk memastikan para pegawai teredukasi mengenai pentingnya keamanan perangkat mobile dan risikonya baik terhadap data pribadi maupun pekerjaan. Diseminasi mengenai hal tanggung jawab tersebut harus menekankan pada pentingnya kedisiplinan dalam memproteksi perangkat mobile pribadi. Beberapa tips untuk meningkatkan keamanan perangkat mobile antara lain dengan menggunakan kata sandi yang kuat, memperhatikan data-data pribadi saat mengakses koneksi Wi-Fi di area publik, dan menerapkan best practices untuk pengamanan fisik perangkat, termasuk menggunakan fungsi penguncian perangkat dan mengganti kata sandi secara berkala.

5.  Selangkah lebih maju dalam mencari solusi
Dalam era dimana teknologi berkembang begitu cepat, berbagi pengetahuan dan best practices sangatlah penting agar dapat mengikuti perkembangan solusi keamanan perangkat mobile yang terkini. Hal tersebut berlaku tidak hanya di dalam suatu organisasi tapi juga organisasi, perusahaan dan institusi pemerintah. Kemitraan antara pemerintah dan sektor swasta atau pembentukan satuan tugas (task force) yang terdiri dari para ahli dari kedua sektor tersebut dapat dilakukan guna mendiskusikan persoalan keamanan dan membuat rekomendasi tentang bagaimana memitigasi tantangan yang ada.

Pembuat kebijakan, pelaku bisnis dan konsumen pada dasarnya memahami pentingnya memproteksi jaringan komunikasi dari segala jenis serangan sebelum krisis terjadi. Berdasarkan pengalaman bertahun-tahun bekerja di bidang ini, kami merasa yakin bahwa semua orang dapat mendapatkan manfaat dari sebuah pendekatan yang lebih efisien dan kolaboratif terhadap upaya pengamanan data.

 

Sumber : www.blackberry.com