11 August 2014 14:00
Sebagai penyedia solusi informasi dan komunikasi terpadu, Indosat juga menyediakan layanan penyimpanan data (Data Center) dan Disaster Recovery Center (DRC). Solusi antisipasi bencana tersebut disediakan bagi pelanggan yang membutuhkan keamanan data perusahaannya. Melalui layanan ini pelanggan dapat mengantisipasi rusak dan hilangnya data akibat kejadian di luar kendali seperti bencana, huru hara dan sebagainya. Maka dari itu, lokasi Data Center dan DRC Indosat harus strategis dan aman, jauh dari pusat gempa.

Hingga saat ini terdapat enam layanan DC dan DRC Indosat yang terletak di Jakarta, Bandung, Purwakarta, dan Bali. Selular Online berkunjung ke salah satu fasilitas DRC Indosat yang berlokasi di Jatiluhur, Purwakarta. Fasilitas Data Center didukung dua sumber Power Supply (2N), 2 Power Independent yang terkoneksi ke setiap rak, cooling system, dan lainnya, menjamin kegiatan bisnis tetap berjalan aman dan tetap aktif. Sedangkan layanan DRC Indosat didukung oleh jaringan berupa Jaringan Broadband, Broadband Internet Access, MPLS, Leased Line, Satellite, dan Jaringan selular 3,5G.

”Indosat DRC  sebagai layanan yang ditawarkan Indosat Corporate Solution (ICS), merupakan wujud komitmen kami  untuk memberikan solusi yang tepat bagi pelanggan  dalam rangka mengantisipasi kerusakan sistem penyimpanan data perusahaan yang sangat penting akibat kejadian  force majeure”, ujar Gidion S. Barus, Division Head IT Solution Indosat saat memaparkan fasilitas DRC Indosat di Purwakarta.

Sejak diperkenalkan pada awal tahun 2000-an, Indosat mengaku bahwa pertumbuhan Data Center dan DRC mencapai 30% dalam dua tahun terakhir. “Growth kami di atas growth indutri yang di angak 18%-20%. Tahun ini kami berharap bisa mempertahankan atau bahkan menaikkan pertumbuhan,” terang Gidion.

Indosat DRC dibangun dengan memenuhi standar internasional yang mengambil lokasi di Stasiun Bumi Jatiluhur sebagai pusat data DRC yang strategis dengan kemanan terjamin dan fasilitas pendukung lainnya yang nyaman dan lengkap. Fasilitas back up data ini dilengkapi dengan koneksi jaringan dari titik gedung pelanggan ke data center Indosat. Pada layanan tersebut Indosat menyediakan fasilitas untuk menempatkan perangkat atau sistem yang dimiliki oleh perusahaan dan memberikan koneksi link yang mencukupi dari lokasi pelanggan ke lokasi sistem IT/computer yang dituju. (Nisa)

 

Sumber : www.selular.co.id