13 March 2013 13:00
Menjamurnya pabrik pembuat ponsel di negara Cina dengan upah tenaga kerja bersaing menjadikan banyak vendor handphone mempercayakan pembuatan produknya di sana. Sampai merek kelas atas seperti iPhone 5 dan Samsung Galaxy S, juga diproduksi di Cina. Maraknya modul handphone berkelas menjadi “makanan empuk” bagi produsen handphone lokal yang dengan mudah meniru desain bahkan jeroan smartphone mewah tadi. Sehingga tidak sedikit ditemukan iPhone kloningan di sana.

Samsung Galaxy S III Mini adalah perangkat teranyar yang dijiplak oleh merek ponsel asal negara Panda bernama Neo. Di Cina, Neo menawarkan perangkat tersebut dengan banderol 399 yuan atau sekitar Rp620.000. Tentu saja itu adalah harga yang cukup agresif mengingat spesifikasi yang dihadirkan tidak terlalu jauh dari perangkat asli.

Neo T001 dilengkapi dengan layar lebar 4 inci WVGA, prosesor dual core 1GHz MediaTek, RAM 512MB, kamera utama 5 mpix, kamera depan VGA, dan baterai 1.500 mAh. Dengan kata lain, lembar fakta jeroan Neo T001 cukup mirip dengan Galaxy S III Mini. Perbedaan terletak pada memori RAM yang lebih sempit yakni 512MB, sedangkan Samsung 1GB. Kelebihannya, Galaxy S III Mini “versi” Cina ini sudah mendukung dual-SIM card, memungkinkan Anda untuk menggunakan smartphone pada dua jaringan sekaligus.

Tapi jangan anggap kami menyarankan Anda untuk membeli Neo T001 daripada S III Mini asli. Kami tidak bisa menjamin dukungan produsen terhadap model ini. Kalau berminat, sebaiknya pilih model asli besutan Neo. (Khoirunnisa)

 

Sumber : http://www.intomobile.com (9/3/2013)