26 March 2013 09:30
Windows Store akhirnya melampaui batas 50.000 aplikasi. Toko virtual itu sekarang merupakan kediaman bagi lebih dari 50.000 aplikasi khusus Windows 8 dan Windows RT, yakni sistem operasi gubahan Microsoft yang dirancang khusus untuk perangkat bergerak (seperti tablet computer).

Kalau dicermati, padahal jumlah aplikasi yang disetorkan ke Windows Store menurun setiap bulannya. Kabarnya, pengajuan aplikasi kian menyusut secara signifikan semenjak Windows 8 diluncurkan pada bulan November 2012 silam.

Dari segi kuantitas, angka 50.000 aplikasi memang masih jauh jika dibandingkaan dengan Android atau Apple iOS. Apple misalnya, telah memiliki sekitar 374.000 aplikasi yang tersedia khusus untuk tablet iPad.

Guna menambah katalog tokonya dengan pesat, Microsoft tengah mengerahkan pengembang untuk berlomba menciptakan aplikasi ke platformnya. Meski harus diakui, mayoritas aplikasi di kios konten Microsoft tersebut adalah ‘terusan’ aplikasi iOS yang dimodifikasi. Kalau mau disaring, aplikasi yang dikembangkan khusus untuk platform ini sendiri, jumlahnya jauh lebih sedikit.

Guna bisa bersaing di pasar platform, Microsoft masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan bersama pengembang, untuk memastikan bahwa Windows Store menawarkan aplikasi berkualitas. Karena aplikasi yang berlimpah sangat vital bagi suatu platform mobile saat ini.

Sekali lagi selamat untuk Microsoft dengan Windows Store yang sudah resmi menerobos angka 50.000 aplikasi. (Khoirunnisa)

 

Sumber : http://metrostorescanner.com/ (24/3/2013)