Tuesday, June 25, 2019
Home News Instagram Aplikasi Jejaring Sosial Foto Terfavorit

Instagram Aplikasi Jejaring Sosial Foto Terfavorit

-

27 August 2013 13:00

Jakarta – Jejaring sosial berbasis kemampuan fotografi telah menjamur secara luas di Tanah Air. Ditunjang fitur smartphone yang kian canggih, paket internet operator yang menarik, dan keberadaan aplikasi jejaring sosial yang lintas platform, menjadikan antar pribadi dan komunitas dengan mudahnya saling terhubung di seluruh dunia. Imaging tidak menjadi sekedar sisipan disini, melainkan telah menjadi menu utama untuk saling berbagi, sekaligus menunjukan eksistensi.

Berangkat dari fenomema diatas, SELULAR Online menggelar polling ke-48 dengan tema “Apa Jejaring Sosial Berbasis Foto Yang Paling Baik Menurut Anda?.” Periode polling berlangsung dari 21 Juli hingga 23 Agustus 2013, dan dari total 381 responden, 177 responden (46%) memilih Instagram sebagai aplikasi jejaring sosial berbasis foto terbaik. Peringkat Instagram diposisi teratas memang sudah diprediksi, pasalnya aplikasi yang rilis perdana pada 6 Oktober 2010 ini, telah mendapat cap sebagai pelopor. Awalnya Instagram hanya berjalan di gadget iOS, tapi kemudian pada 3 April 2012 diluncurkan Instagram untuk Android. Semenjak kolaborasi Instagram di Android, plus diakusisinya Instagram oleh Facebook dengan nilai US$ 1 miliar, pengguna Instagram meroket di seluruh dunia, tembus hingga 100 juta member aktif.

Setelah Instagram, posisi kedua ditempati Path yang dipilih 82 responden (22%). Sedikit berbeda dengan Instagram, Path yang diluncurkan sejak November 2010 lebih mengedepankan personalisasi pada menu-menu keseharian. Untuk meningkatkan kualitas, menjaga privasi, dan kemudahan dalam berbagi konten, Path membatasi member pada setiap akun, maksimal 150 orang per akun. Saat ini Path dapat dinikmati oleh pengguna Android dan iOS.

Flickr, jejarig sosial berbasis foto dan video dari Yahoo ini menempati peringkat ketiga, dipilih 44 responden (12%). Flickr telah meluncur sejak Februari 2004, selain kondang diakses lewat desktop PC, aplikasi mobile-nya sudah tersedeia untuk OS Android, iOS, Play Station Vita, dan Windows Phone. Kemudian diposisi keempat ada Pixmic yang dipilih 37 responden (10%). Aplikasi ini cukup populer di BlackBerry, meski juga tersedia di Android dan iOS. Dan, ditempat paling akhir adalah EyEem yang dipilih 22 responden (6%). Aplikasi ini tersedia untuk OS Android, iOS, dan Windows Phone. Meski kalah populer di Indonesia, EyEem pertumbuhan penggunanya termasuk cepat, di Januari 2013, per harinya disebutkan ada 50.000 member baru di seluruh dunia. (Haryo Adjie Nogo Seno)

 

  1. EyEem
226 %
  1. Instagram
17746 %
  1. Path
8222 %
  1. Picmix
3710 %
  1. Streamzoo
195 %
  1. Flickr
4412 %

 

 

Sumber : www.selular.co.id

Latest