Jakarta –  Meski dikabarkan penjualan BlackBerry di Indonesia menurun signifikan, secara umum respon terhadap produk baru BlackBerry Z10 cukup bagus.  Namun smartphone berbasis platform BlackBerry 10 ini memakai layar sentuh sepenuhnya. Padahal di Tanah Air, handset keluaran BlackBerry lebih disukai karena keypad fisik QWERTY-nya yang sangat nyaman dipakai untuk mengetik. Alhasil, tak sedikit konsumen yang mengaku lebih sabar menunggu varian BlackBerry 10 yang memakai keyboard, yaitu tipe Q10.
Menurut rencana, BlackBerry akan merilis secara resmi Q10 pada 4 Juni 2013 nanti di Bandung. Menariknya, Indosat yang notabene hanya operator penyedia layanan BlackBerry mencuri start dengan lebih dulu memperkenalkannya ke publik. Hari ini, operator anak perusahaan Ooredoo (Qatar Telecom) tersebut membedah kecanggihan BlackBerry Q10 bersama pelanggan dan sejumlah komunitas (isat-bb, isat-android, id-android, gadtorade, axic, indobarca) serta beberapa jurnalis.
Memang sah-sah saja “curi start” ini karena BlackBerry  tidak melarangnya. Seperti dikatakan oleh Director & Chief Commercial Officer Indosat Erik Meijer, BlackBerry  hanya melarang untuk membahas seputar penjualan. Maka di acara ini lebih ditujukan untuk edukasi. “Edukasi ini sangat penting  sebagai bagian dari munculnya setiap produk dan layanan baru di masyarakat. Supaya konsumen tidak beli kucing dalam karung,” ujar Erik Meijer yang mengaku masih memakai BlackBerry versi lama karena menunggu Q10 yang ada keypadnya.
Di acara tersebut, ditunjukkan bahwa Q10 memakai keyboard QWERTY yang menjadi ciri khas BlackBerry sejak dulu namun lebih nyaman dan empuk dibanding seri sebelumnya, BlackBerry Dakota. Jika seri-seri qwerty BlackBerry sebelumnya selalu memiliki tombol call, menu, back, off dan trackpad navigasi dalam bentuk fisik, pada seri Q10 tombol-tombol fisik tersebut dihilangkan. Untuk urusan navigasi, pengguna tinggal menyentuh layar karena ponsel ini sudah mendukung layar sentuh yang responsif. Q10 dilengkapi layar sentuh berukuran 3,1 inch super amoled dengan resolusi  720×720 360 ppi, prosesor dual-core 1,5 GHz, RAM 2 GB, penyimpanan internal 16 GB, slot micro-SD, baterai 2,100 mAh, serta kamera 8 megapiksel dengan konektivitas 4G LTE maupun NFC. BlackBerry Q10 menggunakan casing dari bahan glass weave yang diklaim lebih kuat dari plastik. (Bambang Dwi Atmoko)
29 May 2013 09:30
Sumber : www.selular.co.id (28/5/2013)