25 July 2013 17:30
Dalam laporannya hari ini, Pihak Opera Software ASA menyebutkan bahwa Indonesia adalah pengguna Opera Mini nomor dua terbesar di dunia. Pada laporan State of the Mobile Web, Opera Software melihat secara dekat demografi dan perilaku pengguna Opera Mini di Indonesia.
Pada beberapa tahun belakangan, Indonesia telah mengalami peningkatan signifikan pada pemilik smartphone menggunakan Opera Mini. Jumlah pengguna Opera Mini pada smartphone di Indonesia meningkat lebih dari 180% sejak Mei 2012 ke Mei 2013. Hari ini, pengguna Android menempati urutan terbesar kedua yang menggunakan Opera Mini untuk menjelajah web.
Beberapa fakta dari laporan State of the Mobile Web dengan fokus pada Indonesia:
1. Mengikuti perkembangan pengguna ponsel sederhana sekarang berpindah ke Android. Tahun lalu, Opera Mini mengalami  190% kenaikan di Android, tertinggi dibandingkan platform lain.
2. Sebanyak 81% pengguna Android di Indonesia adalah laki-laki, berusia 25-34 tahun dan tinggal di perkotaan.
3. Kebanyakan pengguna Android menjelajah internet untuk mengakses informasi, mengunjungi situs e-commerce, dan di atas semua itu, bersosialisasi dengan teman mereka di situs jejaring sosial. 68% halaman yang dikunjungi pengguna Opera Mini berasal dari Facebook.
4. Untuk membaca lebih lanjut mengenai perilaku browsing di Indonesia, Anda dapat melihat infografik pengguna Opera Mini pada perangkat Android dibawah artikel ini.
Pertumbuhan Opera Mini
Pada bulan Juni 2013, terdapat lebih dari 251 juta pengguna Opera Mini, Opera untuk Android dan Opera Mobile Classic. Pegguna Opera Mini pada grup ini melihat lebih dari 170 milyar halaman web. Karena Opera Mini untuk ponsel mengkompresi halaman, di mana ketika halaman web dikompres hingga 10% dari ukuran aslinya, jumlah data yang Anda lihat akan sebanyak 13 petabytes data yang tidak dikompresi. (Hans)
31a