Monday, May 27, 2019
Home News Imgur Buat File GIF Bisa Tampilkan Video

Imgur Buat File GIF Bisa Tampilkan Video

-

13 October 2014 09:22
GIF (Graphic Interchange Format) adalah salah satu format gambar populer yang bisa menampilkan efek animasi bergerak. Layanan photo sharing Imgur membuat Project GIFV yang meningkatkan kemampuan format GIF lawas sehingga bisa menampilkan konten video MP4 berkualitas tinggi.
Setiap file GIF yang di-upload ke Imgur akan secara otomatis dikonversi ke MP4 video, kemudian dikompresi dan ditampilkan sebagaimana GIF standar. Karena efisiensi format, situs Imgur dapat menangani upload yang lebih besar hingga 50MB, bukan cuma sebatas 5MB seperti sebelumnya. Setelah kompresi juga menjadikan kecepatan loading lebih cepat, kualitas yang lebih tinggi, dan minim konsumsi bandwidth.
“Apa yang kami temukan dalam pengujian kami adalah dapat mengurangi ukuran file-file ini sekitar 10 kali,” kata Alan Schaaf, pengagas Imgur.
Berkat ukuran GIFV yang lebih kecil tentunya akan memudahkan pengguna saat mengunggah file ke banyak jejaring sosial yang sebelumnya tidak memungkinkan animasi pada format file lama, seperti Twitter dan Facebook. Selama pengguna mempunyai file GIFV, maka tidak perlu lagi menginstal ekstensi browser pihak ketiga seperti FB Purity untuk mendapatkan animasi GIF bekerja baik.
Schaaf mengakui bahwa sebenarnya GIFV bukanlah format baru. GIFV merupakan format file dari versi MPEG-4 video yang tidak mengandung audio. “V ‘di GIFV tak lain merupakan singkatan Video. Namun, mengingat Imgur adalah pemimpin hosting gambar di seluruh dunia, maka perusahaan diklaim akan memiliki banyak pengaruh dalam mempopulerkan format GIFV baru. Terlebih format baru ini membuat looping animasi video bisa tampil lebih lama dan kualitasnya tinggi sehingga terlihat lebih menarik. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : http://imgur.com/blog/

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest