24 February 2014 16:00
Salah satu aplikasi pemetaan yang paling banyak digunakan Google Maps tampaknya akan menjadi lebih baik lagi. Berkat upaya terbaru yang disebut Project Tango yang baru diumumkan oleh senior vice president Google Sundar Pichai. Lalu apa itu Project Tango? Yakni sebuah ponsel prototipe yang diciptakan Google dengan kemampuan untuk mempelajari keadaan sekitar. Seperti dimensi sebuah ruang layaknya sedang berada di bilik itu sendiri atau sedang digerakkan. Jadi jika pengguna sedang membawa perangkat dan berjalan di sekitar rumah, maka perangkat akan mampu mempelajari bentuk rumah, menciptakan peta yang lebih tepat dan akurat. Dan akhirnya akan membantu Google Maps menjadi lebih aktual di masa mendatang.

Sebagian dari Anda mungkin berpikir ini terdengar agak menyeramkan, bahwa Google akan mengetahui persis bagaimana penataan rumah kita. Jika menyisihkan masalah privasi itu, Project Tango adalah gagasan yang cukup bagus.

Menurut pemimpin proyek Johny Lee, “Tujuan dari Project Tango adalah untuk menyediakan perangkat mobile yang memiliki pemahaman setingkat manusia atas ruang dan gerak.” Hal ini bisa dicapai berkat suatu perangkat yang memiliki fasilitas kamera pelacak gerak dan sensor kedalaman di bagian belakang. Keduanya akan membantu mendeteksi orientasi perangkat dan mengetahui apa yang ada di depan mereka, kemudian menggunakan informasi tersebut untuk membantu membangun peta tiga dimensi. Proyek ini menjadi bagian dari grup Advanced Technology and Project dari Motorola yang dipertahankan Google ketika menjual perusahaan kepada Lenovo.

Untuk saat ini pengembangan teknologi masih dalam tahap awal, namun pada saat yang sama Google juga tertarik untuk melihat apa kegunaan perangkat di tangan pengembang, sama seperti proyek Google Glass terdahulu. Google menyatakan bahwa mereka telah menyiapkan sekitar 200 perangkat untuk diberikan kepada pengembang yang tertarik pada 14 Maret nanti.

Bagi pengembang yang tertarik dengan Project Tango, sila kunjungi situs web dan mendaftarkan minatnya. Sementara itu, silakan saksikan video di bawah untuk lebih mengetahui tentang Project Tango Google tersebut. (Nis)
https://www.youtube.com/watch?v=Qe10ExwzCqk&feature=player_embedded

Sumber : http://www.ubergizmo.com/ (20/2/2014)