Wednesday, May 22, 2019
Home News Google Siapkan Fitur Nearby Guna Koneksikan Ponsel Sesama Pengguna Android

Google Siapkan Fitur Nearby Guna Koneksikan Ponsel Sesama Pengguna Android

-

11 June 2014 16:00
Google terus mengembangkan layanan bagi para penggunanya. Raksasa teknologi asal AS itu dikabarkan bakal segera meluncurkan sebuah fitur baru di Android yang disebut “Nearby.” Pada dasarnya, fitur ini memungkinkan perangkat bisa berinteraksi satu sama lain secara otomatis.

Konon, Nearby akan hadir melalui pembaruan Google Play mendatang. Menurut laman Android Police (6/6/2014), nantinya Nearby akan memungkinkan pengguna Android untuk berkomunikasi di lokasi tertentu sekitaran mereka. Sesama pengguna bisa terkoneksi dan sharing tentang tempat dan hal-hal di dekat mereka, berdasarkan konteks.

Fitur ini bisa sekalian membuat sesama perangkat Android saling “mencari.” Singkatnya, Nearby secara otomatis akan menyalakan fitur nirkabel semacam WiFi, Bluetooth atau mikrofon untuk mencari perangkat atau kondisi di lingkungan sekitar.

Bukan hanya antar pengguna saja yang mampu berkomunikasi menggunakan Nearby. Perseorangan juga bisa berinteraksi dengan lokasi, tempat atau benda yang berada di sekitar mereka. Secara gambaran, ketika Anda sedang berada di sebuah toko yang juga menggunakan teknologi Nearby, maka secara otomatis Anda bakal menerima pemberitahuan terkait informasi produk-produknya atau promosi yang sedang berlangsung.

Data dari ketiga fitur itu akan direkam dan dikirim ke server Google untuk diolah. Dengan ini, smartphone bisa mengenali perangkat lain melalui gelombang radio yang tidak bisa didengar telinga manusia. Namun di lain pihak, salah satu yang wajib menjadi perhatian Google adalah masalah privasi. Karena, fitur ini akan memiliki kemampuan untuk merekam audio dari perangkat pengguna tanpa mereka mengetahuinya atau bahkan menyetujuinya.

51

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest