17 July 2013 13:00
Pabrikan semikonduktor global, TSMC dan GlobalFoundries mengkonfirmasi bakal meningkatkan bar kekuatan pemrosesan di tahun 2014 nanti. Berkantor pusat di Cambridge, Inggris, ARM fokus pada penelitan dan pengembangan desain arsitektur prosesor. Proyek terbaru, ARM Holdings dikatakan sedang menggarap chip 20nm untuk prosesor mobile ARM generasi berikutnya.

Saat ini, prosesor mobile tercepat mengusung teknologi chip 28nm, dengan clockspeed 2.3GHz. Teknologi ini digunakan dalam chipset Snapdragon 800 dan Tegra 4i (Grey), yang dijadwalkan akan tiba pada akhir 2013 atau awal 2014. Namun, prosesor generasi terbaru nanti diharapkan akan melampaui clock speed saat ini, dengan proses pabrikasi 20nm.

Teknologi manufaktur 20nm diharapkan akan menghasilkan clockspeed hingga 30% lebih cepat dengan density 1.9 lebih baik, namun tetap mengkonsumsi daya 25% lebih rendah. Bila node 20nm tersebut digunakan, maka SoC ARM bisa menggenjot pada clock speed 3GHz, dan transistor lebih banyak bekerja pada grafis.

Sementara, konsumsi daya 25% lebih rendah tentunya menjadikan SoC generasi berikutnya bakal menjaga daya tahan baterai lebih baik. Karena baterai cepat boros merupakan salah satu keluhan pengguna menggunakan smartphone. Dan kini sudah ada solusinya. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.fodzilla.co.uk