25 February 2013 14:30
Tren kamera pocket dengan sistem operasi Android kini tengah populer, setelah Samsung yang meluncurkan Galaxy Camera, Nikon, vendor kamera kampiun asal Jepang juga telah meluncurkan Coolpix S800c yang mengandalkan OS Android dan WiFi. Terkait dengan pengembangan kamera bersistem operasi Android, vendor kamera terus mencari terobosan dalam adopsi teknologi baru. Tentu bakal makan waktu lama untuk riset dan pengembangan pada teknologi tertentu, untuk itu Nikon telah menandatangani perjanjian lisensi terkait paten dari Microsoft terkait dengan teknologi Android.
Dalam penandatanganan perjanjian yang berlangsung di Redmon, Washington, AS (21/2/2013), disebutkan Nikon Corporation akan membayar sejumlah lisensi paten yang terkait platform Android yang dikuasai Microsoft. Sayang isi perjanjian tidak dijelaskan secara lebih detail.
“Microsoft dan Nikon memiliki sejarah panjang kerja sama, dan perjanjian ini menunjukkan nilai bahwa kedua perusahaan pada lisensi hak kekayaan intelektual yang bertanggung jawab,” ujar David Kaefer, GM Intelectual Property Microsoft dalam siaran pers. Bisnis yang terkait lisensi dan paten belakangan cukup menggiurkan di kalangan vendor, terutama setelah perseteruan paten antara Apple dan Samsung.
Microsoft  sendiri telah memulai program lisensi untuk kekayaan intelektual sejak Desember 2003. Dan sampai saat ini telah mengadakan lebih dari 1.100 perjanjian lisensi dengan beragam industri. Tetrkait dengan platform Android, Microsoft telah mengadakan perjanjian lisensi dengan Samsung, LG, Acer, dan Barnes & Noble. (Haryo Adjie Nogo Seno)

 

Sumber : www.microsoft.com