Tuesday, July 23, 2019
Home News Galaxy K Zoom, Ambisi Samsung Kuasai Pasar Smartphone Kamera

Galaxy K Zoom, Ambisi Samsung Kuasai Pasar Smartphone Kamera

-

14 August 2014 16:00
Samsung hari ini memperkenalkan produk terbarunya Samsung Galaxy K Zoom kepada media di Jakarta (14/8/2014), meski konsumen sudah bisa memesan sejak 18 Juli 2014. Sebagai smartphone dengan kamera canggih, Galaxy K Zoom menawarkan sistem teknis kamera canggih yang dirancang untuk menawarkan kontrol dan fungsi layaknya kamera profesional.
Di tingkat global, smartphone ini diluncurkan di event Kapture The Moment yang digelar di Red Dot Museum, Singapura pada akhir April silam. Febri Rusli, Product Marketing Senior Manager Samsung Mobile Indonesia, menjelaskan bahwa Galaxy K zoom memberdayakan pengguna agar dengan mudah menangkap dan berbagi momen sehari-hari dalam kualitas dan kejernihan gambar yang menakjubkan, ditunjang dengan kenyamanan konektivitas khas smartphone. Febri juga menjelaskan bahwa K Zoom ini adalah bagian dari kategori produk baru ‘K’ yang fokus di smartphone kamera.
“Galaxy K Zoom merupakan smartphone kamera dengan zoom optik yang powerful, nyaman di genggaman, dan kinerjanya handal. Kami mencoba untuk menemukan keseimbangan optimal antara portabilitas sebagai smartphone dan pada saat yang sama menawarkan produk pencitraan berkualitas tinggi,” ujar Febri.
Sebagai smartphone dengan spesialisasi kamera, Galaxy K zoom menawarkan sistem kamera teknis canggih yang dirancang untuk menawarkan kendali dan fungsi layaknya kamera profesional. Galaxy K zoom dilengkapi teknologi lensa berkemampuan 10x optical zoom dengan sensor 20,7 megapixel BSI CMOS untuk menghadirkan gambar yang diklaim ultra tajam dan ultra detail. Produk ini diklaim unggul dalam kondisi cahaya rendah, dan menyediakan Optical Image Stabilizer (OIS) untuk mengurangi blur yang disebabkan oleh gerakan. Selain itu, perangkat Xenon Flash memberikan cahaya terang dari LED untuk meningkatkan kualitas gambar dengan pencahayaan alami.
Galaxy K Zoom juga mengintegrasikan fitur canggih AF / AE (Auto Focus / Auto Exposure) Separation yang memberikan keseimbangan tepat antara cahaya dan kejernihan gambar. Kemudian Studio app yang memudahkan untuk mengedit gambar dan video. Serta tak ketinggalan Selfie Alarm yang memudahkan pengguna melakukan foto diri sendiri (selfie) memakai kamera utama dengan pelacakan objek untuk mendapatkan fokus tembakan yang jelas. Perangkat ini memiliki layar lebar 4,8” HD Super AMOLED dengan prosesor Hexa core (1.3GHz Quad-Core + 1.7GHz Dual-Core), RAM 2GB dan sistem operasi Android 4.4 KitKat.
Peluncuran K Zoom ini juga menandai bahwa Samsung mendefinisikan ulang formasi produk dan branding-nya. Di mana sebelumnya, raksasa elektronik asal Korea Selatan ini memperkenalkan rangkaian perangkat di bawah flagship seri S, seperti S4 Zoom, S4 Mini, dan S4 Active. Khusus untuk smartphone yang memiliki spesialisasi dalam hal fotografi, akan berada di seri K. Nantinya akan hadir beberapa produk di bawah seri tersebut. Hal ini dipertegas oleh Lim seperti dilansir di Majalah SELULAR Edisi Juni 2014 yang menyatakan bahwa seri K adalah ceruk yang menarik bagi perusahaan. Setelah menciptakan kategori phablet, Samsung kini ambisius mencoba untuk menghidupkan permintaan smartphone spesialis kamera. Dikatakan, mungkin K Zoom bisa mengambil pangsa pasar kamera kompak low-end yang dipandangnya kini menyusut. Sebagian besar merupakan dampak dari konektivitas, portabilitas dan manfaat dari smartphone. “Itulah mengapa ada lebih banyak kesempatan di segmen ini dibandingkan kamera konvensional, terutama di kamera kompak kategori low-end,” ujarnya.
Selain mengambil pasar kamera kompak, tidak bisa dimungkiri bahwa perusahaan ini juga siap untuk bersaing terbuka dengan kompetitor sesama produsen smartphone yang lebih dulu fokus di teknologi kamera. Seperti Nokia dengan teknologi Pureview, HTC dengan Ultrapixel, dan Sony Mobile di seri Z yang memboyong lensa G sekaligus prosesor  Bionz. Dengan begitu, kompetisi smartphone di masa mendatang akan semakin semarak dengan fotografi sebagai fitur kuncinya. (Bambang)

 

Sumber : www.selular.co.id

Latest