Monday, July 22, 2019
Home News Apple Masih Dominasi Ranah Korporasi

Apple Masih Dominasi Ranah Korporasi

-

14 August 2014 14:00
Pengguna smartphone dengan sistem operasi Android memang lebih banyak dibanding perangkat iOS besutan Apple. Jika melihat persentase pangsa pasar Android berbanding dengan iOS saat ini, di mana platform robot hijau memiliki pangsa pasar 85 persen, sementara iOS hanya 11,9 persen. Namun saat ditinjau dari pasar korporat, posisi keduanya malah terbalik.
Menurut laporan dari perusahaan layanan enterprise mobile Good Technology (12/08/14), Apple masih menguasai pasar korporat dibandingkan Android. Dibandingkan dengan laporan triwulanan Good sebelumnya, angka aktivasi perangkat iPhone masih konsisten di perhitungan 51 persen (tidak berubah dari kuartal sebelumnya), sementara iPad menyumbang 90 persen dari keseluruhan tablet (turun 2 poin persentase) yang diaktifkan oleh lebih dari 5.000 perusahaan. Perolehan ini membuat pangsa pasar iOS menjadi 67 persen dari semua perangkat mobile, diikuti 88 persen dari aktivasi aplikasi bisnis.
Transformasi mobile enterprise memang menjadi proyek Apple saat ini, pasca menjalin kemitraan eksklusif dengan IBM (International Business Machines). Tujuannya, untuk menjadikan Apple pemain utama di ranah bisnis. Tindaklanjut dari kerjasama ini, IBM bakal menciptakan lebih dari 100 aplikasi bisnis khusus untuk perangkat yang berjalan pada platform Apple iOS (seperti iPhone dan iPa) untuk pengguna korporasi. Sebagai imbalannya, IBM akan menjual produk Apple dengan 100 aplikasi industry-specific bagi klien di seluruh dunia. Dalam kerjasama ini, mereka menamakan produknya dengan “MobileFirst for iOS Solutions”.
Di lain pihak, aktivasi ponsel Android naik sebesar empat persen dibandingkan kuartal sebelumnya menjadi 30 persen, dan hanya memperoleh 2 poin persentase di tablet. Di mana semua perangkat yang menggunakan akun gabungan Android terhitung 10 persen dari aktivasi tablet korporasi.
Lambatnya Android masuk ke pasar korporat, disinyalir menjadi salah satu penyebab lambatnya platform ini digunakan oleh pengguna korporat, Namun Samsung sudah menyiapkan fitur Knox pada perangkat Android, yang nantinya mungkin menjadi faktor penting yang dapat dipertimbangkan oleh pengguna korporat. (Choi)

 

Sumber : http://appleinsider.com/

Latest