3 July 2013 17:30
Setelah meraih pendapatan US$1,5 miliar dalam enam bulan untuk iklan mobile, Facebook kian serius menggarap pasar di ekosistem mobile. Salah satu peluang pasar yang sedang dilirik adalah menjadi penerbit (publisher) untuk mobile game. Facebook dikabarkan tengah menjajaki kerjasama dengan beberapa pengembang mobile kecil untuk melakukan penerbitan dengan menawarkan distribusi melalui iklan mobile untuk meraih pendapatan baru.
Bagi pengembang kecil, upaya Facebook ini merupakan kesempatan besar untuk memasarkan konten buatannya. Dimana selama ini pengembang kecil kurang memiliki sumber daya untuk mempromosikan karya mereka.
Dikutip SELULAR Online dari Techcrunch.com (2/7), upaya Facebook ini sebagai strategi jangka panjang untuk pengembangan konten mobile. Bila pilihannya untuk membuka toko aplikasi, maka akan terasa berat bagi Facebook, mengingat bisnis aplikasi mobile dikuasai oleh Apple dan Google yang berjaya di toko aplikasi mereka masing-masing dengan mengutip 30 persen potongan pada tiap transaksi. Lain dari itu, Facebook sebagai jejaring sosial terbesar di dunia sudah mendapatkan keuntungan US$200 untuk tiap kuartalnya, sebagain besar berasal dari transaksi mata uang virtual. (Haryo Adjie)

 

Sumber : www.techcrunch.com