18 June 2014 17:30
PT XL Axiata Tbk (XL) telah menyiapkan jaringan dan layanan dalam menyambut Ramadan dan Lebaran tahun ini. Aktivitas ini terutama terkait dengan kemungkinan terjadinya lonjakan trafik semua layanan selama bulan suci dan libur panjang Lebaran, seperti yang terjadi secara rutin di tahun-tahun sebelumnya.

Vice President XL Central Region Bambang Parikesit, mengatakan “Ramadan dan lebaran selalu menjadi momentum bagi XL untuk menunjukkan komitmen XL dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat. XL ingin pelanggan lancar dalam bersilaturahmi dan beribadah. Kami pastikan semua sumberdaya terkait jaringan, akan terus terjaga selama 24 jam di bulan suci dan libur Lebaran mendatang”.

Bambang menambahkan, XL antara lain telah menyiapkan Mobile BTS di 21 jalur mudik  dan hotspot. Selain itu, juga telah dilakukan penambahan kapasitas menjadi dua kali lipat di jalur dan area mudik, optimisasi jaringan, instalasi HD Voice, dan penambahan high speed packet access untuk layanan data. Tidak ketinggalan, XL juga menyediakan layanan pelanggan (contact center) 817 yang akan melayani pelanggan selama 24 Jam, serta menyediakan layanan pelanggan melalui sosial media yang bisa diakses melalui akun twitter @XLCare.

Sementara itu, uji kesiapan jaringan dan layanan juga sudah dilakukan XL belum lama berselang, dengan mengajak serta media massa. Acara ini bertujuan untuk memastikan kesiapan XL dalam menghadapi lonjakan trafik dan terjaganya kualitas layanan sepanjang Ramadan dan libur Lebaran, baik pada layanan percakapan, SMS, juga data serta internet. Rute yang ditempuh melintasi kota besar dan kecil yang bisa menjadi gambaran jangkauan layanan XL di sebagian besar wilayah Indonesia dan juga menjadi pusat distribusi dan tujuan arus mudik selama bulan Ramadhan dan Lebaran.

Saat ini XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga 510 juta menit/hari. Sementara untuk trafik SMS adalah 700  juta SMS/hari, dan trafik data sebesar 325 Terabytes/hari. Diperkirakan sepanjang Ramadhan dan Lebaran 2014 nanti akan terjadi lonjakan trafik antara 5 persen hingga 30 persen dari trafik normal sehari-hari.

Jaringan XL juga telah didukung dengan teknologi yang canggih yang antara lain adalah MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL Axiata akan terlindung dari lonjakan trafik  pada  satu  lokasi tertentu  karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik. Inovasi ini telah diterapkan XL sejak lebih dari 4 tahun terakhir.

Dengan melayani lebih dari 68 juta pelanggan, saat ini jaringan XL di seluruh Indonesia diperkuat dengan lebih dari 45.600 ribu BTS (Base Transceiver Station, 2G/3G) juga jaringan backbone fiber optic yang membentang di sepanjang pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Bali-Lombok, Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi.

 

Sumber : www.xl.co.id