26 February 2013 14:30
Anda tentu sudah familiar dengan situs Wikipedia. Proyek ensiklopedia multibahasa di internet yang bersifat terbuka, memungkinkan siapa pun mengubah dan menambahkan informasi di dalamnya. Saat ini, Wikipedia tengah meramu cara baru untuk membawa 25 juta artikel yang ada di situsnya, bisa diakses oleh pengguna handphone di pasar berkembang, di mana wabah smartphone dan koneksi internet menjamur secara sporadis.

Rencana terbaru ini memungkinkan pengguna meminta artikel tertentu dari Wikipedia dengan cara mengirim pesan teks ke situs web melalui SMS atau standar USSD (unstructure suplementary service data). Wikipedia melalui teks ini akan keluar dalam waktu beberapa bulan mendatang dan didanai oleh hibah $600.000 (sekitar Rp6 miliar) dari Knight Foundation, organisasi media nonprofit dan pendukung jurnalisme,

Guna bisa mengaksesnya, pengguna harus mengirim pesan ke nomor yang telah ditentukan di masing-masing operator atau ketik kode USSD di ponsel mereka (layaknya sistem isi pulsa), agar bisa mendapat konten jawaban dalam hitungan menit bahkan detik. Layanan ini tentu menjadikan pengetahuan global lebih mudah diakses daripada sebelumnya.

Upaya terakhir ini melanjutkan program Wikipedia yang diluncurkan pada paruh kedua tahun 2011, yang memungkinkan pengguna mengakses Wikipedia versi teks secara gratis. Untuk mewujudkan hal itu, Wikimedia Foundation (yang menjalankan situs Wikipedia) telah bermitra dengan banyak operator di seluruh dunia, terutama di Rusia, Eropa Timur, Timur Tengah dan Afrika. (Khoirunnisa)

 

Sumber : http://www.theverge.com (22/2/2013)