27 August 2013 11:00
Google baru saja meluncurkan versi beta terbaru dari Chrome untuk perangkat Android. Rilis ini menandai pertama kalinya Chrome untuk Android mendukung WebGL secara default. Sebelumnya versi beta untuk Android sudah dibuat standar WebGL untuk rendering grafis 3D dan 2D interaktif di browser, namun tersedia di belakang bendera. Dan sekarang diaktifkan secara default pada semua perangkat mobile yang menampilkan GPU yang relatif high-end, seperti perangkat Nexus 4 dan tablet Nexus 7.
Hampir setiap browser desktop modern sudah mendukung aspek WebGL API, tapi mobile browser sebagian besar masih ketinggalan. Tapi sudah ada beberapa yang mendukung seperti browser BlackBerry 10, Opera Mobile, dan Firefox untuk Android. Kini mobile web juga sudah mulai mengejar ketinggalan dengan WebGL. Hingga kini iOS untuk Safari masih belum mendukung. Tapi popularitas Chrome di Android mungkin akan memberikan kepercayaan diri kepada pengembang mobile untuk mulai bereksperimen dengan itu.
Google juga membawa sejumlah gerakan swipe (menggesek) baru untuk Chrome. Sekarang Anda bisa (misalnya) menggeser horizontal di atas toolbar untuk beralih antara tab dan tarik vertikal ke bawah dari toolbar untuk masuk ke tampilan beralih tab.
Dengan update teranyar, Google juga memperkenalkan bagian perangkat gerak dari Device Orientation API dalam Chrome untuk saluran Android beta. Kedengarannya kurang menarik, tetapi hal itu memungkinkan pengembang untuk mendapatkan informasi tentang akselerasi perangkat dan tingkat rotasi. Fitur ini telah lama menjadi bagian dari API, tapi sepertinya Google baru menerapkannya sekarang.
Satu-satunya fitur baru bagi pengembang adalah dukungan untuk MediaSource API dalam saluran beta untuk perangkat yang menjalankan Jelly Bean atau versi lebih tinggi. Google mengatakan ini akan memudahkan streaming adaptif dan live stream time-shifting di peramban mobile.
Selain perambannya, aplikasi Chrome juga mendapat beberapa tambahan dalam update kali ini, termasuk API untuk webview, request dan dukungan write dan download galeri media. Aplikasi Chrome kini juga bisa menggunakan pembayaran dalam aplikasi yang dikelola Chrome Web Store. (Nis)

 

Sumber : http://techcrunch.com (22/8/2013)