16 April 2013 16:00
Mozilla, pihak dibalik keberadaan browser Firefox, berencana baru akan memulai memasarkan sistem operasi terbaru bernama Firefox OS pada musim panas mendatang atau sekitar Juni 2013. Mozilla telah memastikan lima negara pertama yang masuk dalam gelombang pertama penerima kedatangan sistem operasi terbaru mereka. Kelima negara itu adalah Spanyol, Portugal, Brasil, Polandia, dan Venezuela.

Pernyataan ini disampaikan oleh CEO Mozilla, Gary Kovacs di sela konferensi D: Dive Into Mobile. Dikutip SELULAR online dari AllThingsD (15/4/2013), Kovacs mengungkapkan rencana perusahaan untuk membuat debut Firefox OS di tahun ini dan setelah lima negara tujuan pertama tersebut, ada 11 negara lainnya yang dijadwalkan dalam rencana peluncuran hingga akhir tahun nanti, seperti Meksiko, Hungarian, Kolombia, Serbia, dan lain-lain. Lebih lanjut, OS ini bakal menjangkau pasar Amerika Serikat di tahun 2014 nanti.

Kovacs mengatakan fokus perusahaan akan merambah pasar negara berkembang, bukan negara-negara maju di mana ada persaingan yang ketat untuk menciptakan smartphone terbaik di pasar. Di negara berkembang pun, Mozilla juga akan  menghadapi persaingan sengit dari Android dan BlackBerry. Beberapa nama produsen yang menyatakan siap memakai Firefox OS antara lain Sony, ZTE, dan TCL. Selain itu, juga ada operator Deutsche Telekom, Sprint, Smart, Telecom Italia, Telenor dan Etisalat yang mencanangkan dukungan serupa.

Dibalik itu, sebenarnya Kovacs telah mengumumkan mengenai rencana dirinya yang akan mengundurkan diri sebagai pemegang posisi CEO Mozilla akhir tahun ini, tetapi dia akan tetap aktif sebagai anggota dewan di Mozilla. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : http://allthingsd.com