23 June 2014 11:00
Seiring penjualan ponsel dan pendapatan keseluruhan yang kian menurun, BlackBerry harus ‘memutar otak’ guna mencari peruntungan lain di industri handset. Salah satunya adalah lebih memerhatikan laju layanan pesan instan eksklusif miliknya, BlackBerry Messenger (BBM).

Melanjutkan misi lintas platform aplikasi tersebut, akhirnya perusahaan yang diwakili John Chen selaku CEO BlackBerry mengeluarkan pernyataan bakal merilis BBM for Windows Phone pada bulan Juli depan. Berbarengan dengan konfirmasi via telepon ke Crankberry (19/6/2014), John Chen juga mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki sejumlah rencana untuk lebih meningkatkan layanan BBM dan mendulang banyak pengguna.

Tak dipungkiri persaingan di ranah instant messaging mobile memang kian sengit. Agar bertahan, BlackBerry harus memberikan fitur-fitur perpesanan yang nyaman dan menyenangkan bagi seluruh lapisan penggunanya. Johb Chen mengaku terus optimis pengguna BBM akan meningkat setelah dirilis di platform Windows Phone, dan mampu mencapai 100 juta pengguna dalam waktu singkat. Asumsi ini dilatar belakangi oleh sambutan positif pengguna ketika BBM dirilis di Android dan iOS akhir tahun.

Saat ini, pengguna BBM telah mencapai 160 juta yang terdaftar dan 85 juta diantaranya adalah pengguna aktif bulanan. Angka tersebut terlihat cukup tinggi, tetapi masih kalah dengan WhatsApp yang memiliki 450 juta pengguna aktif bulanan.

Sayangnya, aplikasi BBM for Android, iOS, dan kemungkinan nanti di Windows Phone belum setara dengan BBM yang terdapat pada smartphone BlackBerry 10. Hal ini membuat BlackBerry terkesan kurang tulus dalam menghadirkan BBM, sehingga tak ayal pengguna malah lebih memilih aplikasi lain.

 

Sumber : http://crackberry.com/