Tuesday, June 25, 2019
Home News Apple Tembus Penjualan 500 Juta Unit iPhone

Apple Tembus Penjualan 500 Juta Unit iPhone

-

26 March 2014 14:30
Semenjak resmi merilis dua smartphone generasi terbaru, angka penjualan Apple kian merangkak naik. iPhone 5S dan 5C memang terbukti sukses memberikan pengaruh besar bagi angka penjualan Apple. Untuk pertama kalinya, Apple memperkenalkan dua iPhone sekaligus dan keduanya mencatat angka penjualan fantastis. Mengutip laman Forbes (25/3/2014), Apple telah menjual 500 juta unit iPhone di seluruh dunia, sebagai penanda tonggak besar bagi raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino tersebut.
Tak hanya populer di pasar maju seperti Amerika Serikat, iPhone ternyata juga menjadi ponsel idaman di pasar negara berkembang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Ovum dan Upstream di lima negara berkembang seperti Cina, India, Brazil, Nigeria, dan Vietnam, sebanyak 32 persen responden mengatakan bahwa smartphone dambaan mereka adalah iPhone. Mereka akan membeli iPhone di sudah saat mampu membelinya.
Balik ke tahun 2008, Edward Snyder, seorang analis di Charter Equity Research, pernah mengatakan bahwa Apple tidak akan menjual 10 juta iPhone pada tahun pertama. Namun prediksinya keliru. Apple malahan berhasil menjual 12,8 juta smartphone ikonik mereka pada tahun tersebut.
Apple butuh empat tahun lamanya untuk membukukan angka penjualan 100 unit, di Februari 2011. Beranjak dari sana, penjualan iPhone terus-menerus meroket. Hanya butuh satu tahun untuk mencapai 200 juta, di pertengahan Februari 2012. Diikuti, kesuksesan perusahaan menembus angka penjualan 300 juta unit iPhone sebelum akhir 2012.
Tahun 2013, geliat penjualan iPhone makin impresif. Apple telah menjual smartphone kebanggaannya tersebut sebanyak 400 juta unit, tepat di akhir bulan Juli tahun lalu. Dan kini, ada penambahan 100 juta unit hanya dalam waktu delapan bulan saja.
Banyak analis independen meyakini angka penjualan Apple bakal menembus 600 juta unit sebelum akhir tahun ini. Asumsi ini berkembang karena mengingat peluncuran generasi iPhone terbaru yang sesuai tradisi bakal diperkenalkan September mendatang. Bahkan tak menutup kemungkinan, penjualan iPhone akan menembus angka satu miliar di tahun 2017. (Choi)

 

Sumber : http://www.forbes.com/

Latest