15 July 2013 11:00
Layanan produktivitas serbaguna berbasis web IFTTT (If This Then That) baru saja merilis sebuah aplikasi iOS untuk mengawinkan utilitas pemicu di PC ke kenyamanan iPhone. Bagi Anda yang belum familiar, IFTTT adalah alat Web yang memungkinkan pengguna memicu tindakan online otomatis dari sejumlah website dan layanan, semuanya menggunakan pernyataan sederhana, “jika ini maka itu.”

Layanan IFTTT didasarkan pada resep yang mengandung pemicu dan tindakan, yang pada gilirannya mengumpulkan atau memindahkan data di Internet. satu contoh resep misalnya, akan mengirim email dari Gmail (action) pada waktu tertentu (pemicu), dengan ramuan seperti subjek judul, body text dan daftar penerima. Situs ini juga memiliki saluran untuk layanan Web populer antara lain Facebook, email dan LinkedIn.

Untuk versi iOS (hanya tersedia untuk iPhone saat ini), IFTTT membawa aktivasi saluran dan pembuatan resep ke mobile. Serta action Photos, Contacts, dan Reminders  eksklusif. Asset yang tersaji hanya di iOS ini dapat digunakan untuk resep seperti otomatisasi mengirim gambar ke Dropbox, atau membuat spreadsheet pengingat di Google Drive.

Setup Channel agak membosankan karena setiap layanan perlu login terlebih dahulu sebelum digunakan. Tapi penciptaan resep jauh lebih mudah di iPhone, dengan tindakan dan pemicu bisa dipilih dalam user interface yang bersih dan mudah dimengerti.

Pengguna bisa menelusuri atau mencari resep populer, atau menyambungkannmya ke akun IFTTT yang sudah ada. Aplikasi ini juga bisa menyelaraskan latar belakang resep yang dibuat pada Web klien.

Aplikasi IFTTT untuk iOS sudah tersaji gratis untuk diunduh (128MB) di App Store. (Nis)

 

Sumber : http://appleinsider.com (11/7/2013)