22 April 2013 16:00
Solusi alat komunikasi untuk dibawa dalam perjalanan outdoor adalah Walkie-talkie. Perangkat ini dapat menyediakan jalur komunikasi langsung kepada dua orang atau lebih dengan menggunakan gelombang radio, terlepas kendala tersedianya layanan seluler atau tidak. Kini, Anda pun bisa menggunakan iPhone kesayangan sebagai sebuah Walkie-talkie. Ada sebuah case bernama Alianza DXB (Docking Cross Breed Technology), yang merupakan perangkat docking pertama, yang bisa merubah smartphone menjadi sepenuhnya walkie-talkie multi-band. Sehingga, Anda tidak perlu lagi untuk membawa beberapa perangkat pada kegiatan luar ruangan.

DXB bekerja pada gelombang frekuensi VHF, UHF, dan 800Mhz. Ditambah juga dapat menggunakan sinyal seluler di smartphone untuk memperluas jangkauan maksimal 25 mil ke mana saja di dunia menggunakan fitur ekslusif, Radio-Over-IP repeater. Hebatnya, perangkat ini pun sudah mendukung jaringan LTE. DXB juga berjalan dalam mode IP, yang mengubah smartphone Anda menjadi sebuah perangkat IP “Push-to-Talk” atau RoIP.

selular15686524720130416152611
Bagian docking merupakan case kasar yang dirancang untuk melindungi perangkat. Antena dan tombol-tombol di bagian atas case ini bisa dicopot-pasang, sehingga Alianza DXB dapat digunakan hanya sebagai case baterai back-up ketika fitur radio dua arah tidak diperlukan.

Alianza DXB juga memiliki baterai internal yang mengakomodir dua tujuan – menjaga walkie-talkie hidup, dan mengisi daya baterai smartphone. Sayangnya tidak disebutkan informasi berapa lama bisa menopang daya tahan baterai pada perangkat. Untuk menjalankan fungsi walkie-talkie, asesoris ini tidak membutuhkan software khusus. Bahkan jika smartphone sudah mati, case tersebut masih akan mampu melakukan fungsi walkie-talkie. Perangkat akan tersedia untuk iPhone, iPod Touch, Android, dan Blackberry.

Bricom Solutions, produsen Alianza DXB, sedang mencari dana di situs Kickstarter dengan tujuan agar produk ini bisa diproduksi secara massal. Satu unit case DXB diberi harga yang cukup fantastis, yakni senilai US$400 (Rp3.720.000).

Sumber : www.kickstarter.com