Friday, May 24, 2019
Home News Adu Fitur Smartwatch: Samsung Gear S VS LG G Watch

Adu Fitur Smartwatch: Samsung Gear S VS LG G Watch

-

29 August 2014 11:30
Tak sebatas bersaing di segmen smartphone, dua rival dari satu rumpun Korsel juga jelas-jelas berebut perhatian dunia lewat produk arloji pintar atau yang lebih akrab dikenal sebagai smartwatch. Keduanya adalah Samsung Gear S dan LG G Watch R. Pertanyaannya, wearable device mana yang mengusung spesifikasi lebih mumpuni?
Tengok jeroan kedua smartwatch tersebut, baik Gear S maupun LG G Watch R sejatinya tidak mempunyai perbedaan yang cukup signifikan, malah ada banyak fitur yang sama. Keduanya sama-sama menawarkan RAM 512 MB serta media penyimpanan internal sebesar 4 GB. Namun saat dipandang dari model prosesor, LG G Watch R dinyatakan lebih unggul karena sudah memuat 1.2GHz Qualcomm Snapdragon 400. Sementara, Gear S hanya diberi keterangan informasi sudah dibekali dual-core 1GHz. Namun tanpa diketahui chipset-nya dan dari manufaktur mana.
Sebagai smartwatch terbaru Samsung, banyak yang mengira vendor global itu masih doyan menggarap smarwatch yang akan menggunakan platform Android Wear, namun malah sebaliknya. Gear S bukan mengenakan sistem operasi khusus perangkat wearable buatan Google, melainkan Tizen OS – seperti di Gear Live. Tizen OS dianggap lebih efisien dalam hal penggunaan baterai ketimbang Android, maka Gear S diklaim mampu bertahan hidup selama dua hari. Di sisi lain, LG lebih memilih membenamkan Android Wear pada G Watch R. Kapasitas baterai di arloji cerdas ini diketahui sebesar 410mAh.
Ternyata perbedaan yang paling kentara terletak disektor layar. Samsung tetap mempertahankan layar kotak persegi panjang dengan ukuran besar 2 inchi. Tubuhnya juga terlihat lebih ramping berkat layar yang melengkung, mirip seperti Samsung Gear Fit. Kali ini, baik Gear S maupun G Watch R (layar 1.3 inchi) tampak seimbang di sektor layar karena sama-sama membawa resolusi 320 x 320 pixels, meski teknologi layarnya berbeda. Seperti Gear Live, di smartwatch terbaru ini Samsung tetap membekalinya dengan Gear S, Sedangkan G Watch R memiliki layar P-OLED (Plastic OLED) dengan desain membulat.
Sensor-sensor yang terbenam juga sama, seperti accelerometer, gyroscope, kompas, dan monitor kerja jantung.
Dibalik segala persamaan dan perbedaannya kedua smartwatch tersebut, nyatanya ada fitur di Gear S yang membuatnya lebih unggul. Yakni sudah mendukung jaringan 3G. Ini merupakan smartwatch pertama dari Samsung yang memiliki kelebihan dibandingkan perangkat sejenis, yaitu kemampuan terhubung dengan jaringan 3G tanpa perlu perantara ponsel untuk menerima notifikasi atau membuat panggilan. Bukan cuma 3G, jam tangan pintar generasi ketiga ini juga membawa fitur WiFi dan Bluetooth, sehingga pengguna tetap punya pilihan untuk tetap pairing dengan smartphone.
Belum diketahui berapa harga masing-masing perangkat yang melingkar di pergelangan tangan tersebut. LG G Watch R belum akan keluar di pasar-pasar utama sampai awal pada kuartal keempat, sementara Samsung bakal mulai mengirimkan Gear S di bulan Oktober mendatang. So, smartwatch mana yang Anda akan pilih? (Choi)

Subscribe to Selular Newsletter

Dapatkan berita menarik seputar harga smartphone terbaru dan informasi telekomunikasi Indonesia.

Latest