12 June 2014 11:00
Jakarta – Smartphone kini telah menjelma sebagai kebutuhan penting bagi sebagian masyarakat. Tapi tahukah Anda, berapa waktu yang dihabiskan setiap orang dalam menggunakan smartphone di Indonesia? Lembaga riset Nielsen kemarin mengadakan paparan tentang hasil survei dengan tajuk “Understanding Indonesian Smartphone User” yang dilakukan sepanjang tahun 2013.
Salah satu yang jadi paparan menarik, bahwa disebut rata-rata orang Indonesia menggunakan smartphone per hari adalah 140 menit. Rinciannya 18 persen menggunakan aneka aplikasi, aktivitas browsing 19 persen, aktivitas komunikasi (voice) 37 persen, memainkan konten entertainment 23 persen, dan device management 3 persen. Untuk urusan entertainment, didominasi oleh gaming. Lebih dalam, Nielsen menyebutkan top gaming dalam hasil riset adalah Flappy Bird.
“Riset yang kami lakukan menggunakan dua metode, yakni lewat on device meter dan survei langsung. On device meter artinya dengan menanamkan aplikasi ke dalam ponsel responden yang menggunakan OS Android, BlackBerry dan Symbian S60,” ujar Rusdy Sumantri, Associate Director Consumer Insight Nielsen kepada SELULAR Online. Model survei menggunakan 1.900 responden, sementara model on device meter melibatkan 1.197 responden dengan rentang usia diatas 24 tahun. Riset lewat survei mencakup resonden di kota Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Makassar, Palembang, dan Balikpapan. (Haryo Adjie)

 

Sumber : www.selular.co.id (11/6/2014_