Thursday, October 22, 2020
Home Review Smartphone & Gadget Terlengkap iPhone 5S: Desain, Teknologi, dan Harga yang Premium

iPhone 5S: Desain, Teknologi, dan Harga yang Premium

-

iphone_5s_6_months_later_hero

iPhone 5S. Smartphone high end yang paling ditunggu-tunggu akhirnya hadir menyapa pasar Indonesia. Dijual dengan harga teramat mahal, suksesor iPhone 5 ini dianggap tidak membawa peningkatan yang berarti dibanding pendahulunya. Namun itu tak menyurutkan pesonanya sebagai salah satu smartphone terbaik saat ini.

DESAIN
Kesan pertama begitu melihat penampakan dari produk besutan Apple ini: keren, tapi sangat mirip iPhone 5. Benar saja, keduanyaa begitu mirip bak pinang dibelah dua. Apple hanya mengubah desain tombol Home dengan menghilangkan tanda kotak, menambah satu buah flash sehingga menjadi Dual LED, menghilangkan bezel di sekeliling lingkaran kamera belakang, serta menambah warna baru yaitu emas. Selain tadi, tidak ada perubahan lainnya, selebihnya serupa dengan iPhone 5 dengan body yang memiliki dua jenis bahan yaitu glass dan alumunium. Secara umum, bisa dibilang bahwa iPhone 5S memiliki desain simple dan elegan dengan finishing yang benar-benar merefleksikan smartphone premium.

DISPLAY

iPhone 5S mempertahankan layar 4 inci yang jika dibanding smartphone premium lainnya tergolong lebih sempit. Meski demikian, masih terasa nyaman untuk menikmati beragam konten. Layarnya Retina Display yang memakai jenis IPS dengan resolusi 640 x 1136 pixels dan kedalaman pixel 326 ppi. Kualitasnya sangat tajam dengan tampilan gambar yang detail dan natural. Respon layar sentuhnya juga juara.

MULTIMEDIA

Bagi yang gemar mendengarkan lagu-lagu, aplikasi pemutar musik masih belum ada perubahan dibanding sebelumnya. Antarmukanya rapih dan sederhana. Beberapa menu antara lain Playlist, Artist, Songs, Albums dan sebagainya. Ada fitur Cover Flow saat layar diposisikan secara horizontal dan music tersinkronisasi dengan iTunes untuk lagu yang telah didownload. Apple hanya memberi satu buah speaker mono pada iPhone 5s. speaker body terdengar lantang dengan volume keras. Output audio speaker terdengar jernih. Sedangkan saat menggunakan speaker, suara yang terdenfarcukup jernih dan natural.

Untuk pemutaran video jangan berharap banyak, codec yang didukung masih terbatas pada .mp4, .m4v dan .mov sampai resolusi 1080p. Untungnya layarnya sudah mengadopsi aspek rasio 16:9 sehingga menonton video HD lebih maksimal. Khusus format m4v, format standar video yang Anda beli di iTunes ini bisa menggunakan subtitle, audio yang berbeda dan terbagi menjadi beberapa chapter. Memang tampaknya pemutar video dispesialisasikan untuk video dari iTunes saja, meskipun Anda bisa saja memasukkan video ke iPhone, namun harus berformat seperti yang kami sebut di atas. Cara lainnya, menginstall aplikasi pihak ketiga.

Ada yang baru di aplikasi Music, yakni Radio. Bukan Radio FM, melainkan iTunes Radio. Layanan streaming lagu gratis ini memungkinkan Anda mendengar lagu-lagu yang ada di iTunes tergantung kategori yang Anda pilih. Namun Anda harus menggunakan akun iTunes Amerika Serikat untuk menggunakan fitur ini.

Sejak iOS 6, Apple menghapus YouTube sebagai fitur built-in video streaming sehingga pengguna perlu mengunduhnya secara manual dari App Store. Sedangkan pada aplikasi music sebenarnya ada fitur iTunes Radio untuk streaming radio gratis. Sayangnya saat ini hanya berlaku untuk pengguna akun iTunes USA.

KAMERA

Fotografi adalah salah satu fitur yang paling diunggulkan di iPhone 5. Memang, resolusinya tidak mengalami peningkatan dari beberapa tahun yang lalu yakni berkutat di angka 8 megapixel dan 1,2 MP. Namun, resolusi bukan segalanya karena kualitas yang lebih diutamakan, dan iPhone 5S telah membuktikannya. Modul kameranya diperkuat lensa yang handal sehingga mampu merekam gambar dan video dengan hasil yang prima.

Apple menyematkan True Tone Flash atau Dual-LED Flash untuk membantu pencahayaan lebih natural pada kondisi low light. Diklaim mampu mengatur warna dan intensitas untuk lebih dari 1.000 kombinasi.

FITUR

Sejak awal, iPhone dirancang sebagai perangkat internet. Mengakses internet sangat nyaman didukung pilihan koneksi yang memadai baik dari jaringan selular maupun Wi-Fi. Perangkat ini juga bisa berbagai koneksi internet lewat fitur Portable Hotspot. Untuk berselancar, terdapat peramban Safari Mobile yang bisa menampilkan halaman web dengan cantik berkat HTML5 dan render cepat. Desain baru di iOS 7 membuat tampilan Safari semakin cantik dan atraktif.

Tak ada yang menyangkal kalau App Store masih menjadi katalog aplikasi terbesar di dunia hingga saat ini. Di sini, Anda bisa mengakses ratusan ribu aplikasi dan game dari berbagai jenis kategori baik yang berbayar maupun gratis. Aplikasi inilah yang membuat iPhone lebih powerful. Selain itu, juga terdapat iTunes Store yang menyediakan koleksi lagu dan film terkini. Juga katalog buku digital iBookstore untuk akses ribuan buku digital baik yang berbayar maupun gratis. Layanan iBookstore bisa diakses melalui aplikasi iBooks. Selain iBookstore, Apple juga membuat fitur Newsstand sebagai rak untuk majalah dan koran. Newsstand – yang merupakan shortcut dari kategori Newsstand di App Store – bisa diakses langsung dari homescreen dan ketika ada edisi baru majalah atau koran akan muncul pemberitahuan.

KINERJA
Phone 5s diperkuat prosesor Apple A7 dan Apple M7. Yang pertama adalah prosesor dengan kernel 64 bit pertama yang menjelma di smartphone, sedangkan yang kedua adalah prosesor yang berfungsi untuk memindai pergerakan tubuh. Paduan keduanya akan terasa hebatnya saat mencoba bermain game. Kinerja touchscreen sangat baik, cepat dan sensitif, output audio jernih dan lantang, pemutakhiran fungsi kamera juga sangat terasa, ditambah nuansa premium.

Dibandingkan pendahulunya, iPhone 5s ditopang baterai dengan kapasitas lebih besar yakni 1560mAh (iPhone 5 1440mAh). Dengan penggunaan normal, baterai mampu bertahan satu hari penuh. Pengelolaan notifikasi dan aplikasi yang berjalan di latar belakang, mungkin bisa menghemat konsumsi baterai.

Lihat di: halaman spesifikasi iPhone 5S

 

Latest