Minggu, 3 Agustus 2025
Selular.ID -

Accenture: Kesadaran Akan Keamanan Sistem Informasi digital di Indonesia Masih Rendah

BACA JUGA

IMG_20160719_140708

Jakarta, Selular.ID – Di era digital ini faktor  kemanan dan layanan cukup menjadi perhatian konsumen di Indonesia. Dari data Digital Consumer Survey menunjukan bahwa konsumen mengutamakan layanan dan pengalaman yang real time cepat dan aman. Untuk itu faktor privasi dan keamanan menjadi prioritas bagi konsumen.

Wong Tjin Tak Managing Director Communications Media and Technology Lead Accenture Indonesia menjelaskan bahwa terdapat 60% konsumen di Indonesia yang peduli terhadap isu privasi dan keamanan ketika membeli perangkat dan memilih layanan mobile. Kemudian 78% konsumen peduli terhadap sistem pembayaran online.

Sementara di dalam hal kualitas layanan, 83% konsumen rela membayar lebih untuk memperoleh kualitas layanan yang lebih baik dan bahkan 82% rela berinvestasi untuk keamanan biometri.

“Ini sungguh besar dibandingkan dengan konsumen global yang 42% berinvestasi
Untuk keamanan biometri,” ujar wong Tjin Tak

Beliau juga menambahkan, bahwa salah satu kendala yang menjadi perhatian utama konsumen adalah isu keamanan. Menurut Wong Tjin Tak, kesadaran akan kemanan sistem informasi dan komunikasi digital di Indonesia masih rendah. Untuk itu perlu ada edukasi secara terus menerus oleh perusahaan untuk mengkampanyekan pentingnya keamanan digital dan keuntungannya bagi konsumen.

“Selain kendala teknis dalam menggunakan perangkat dan pelayanan digital, salah satu kendala yang menjadi perhatian utama konsumen adalah soal keamanan, sehingga ini penting menjadi catatan bagi produsen atau perusahaan,” pungkas Wong Tjin Tak.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU