
Jakarta, Selular.ID – Setiap hal ada risikonya, termasuk berbelanja online. Prinsip paling utama dalam belanja online adalah rasa aman dan nyaman. Jika kiranya berbelanja online hanya sekitar harga dan pengiriman, maka kami akan memberikan beberapa hal yang Anda perlu tahu.
Bukan hanya menyediakan produk dan harga terbaik, namun para penyelenggara marketplace juga harus memberikan jaminan pengaturan risiko, baik dari sisi pembeli maupun dari sisi penjual. Sebut saja Elevenia. salah satu pengamanan yang dilakukan adalah ketika melakukan pembayaran dengan kartu debit maupun kartu kredit.
Jika kiranya ada hambatan, bagian Risk Management elevenia akan mengecek kecocokan data secara detil. Bukan hanya nomor kartu saja, namun termasuk juga koneksi pada perusahaan penyedia layanan pembayaran.
“Hal ini kami lakukan agar para konsumen tidak merasa dirugikan dalam penggunaan kartu kredit atau debit mereka untuk berbelanja,” ujar Anggita Vela Lydia, General Manager Promotion & Partnership elevenia.
Rasa aman yang sama juga diberikan kepada para konsumen yang sudah melakukan pembayaran untuk transaksi belanja mereka, namun produk tak kunjung diterima dari waktu yang seharusnya. “Jika hal tersebut terjadi, kami akan mengembalikan uang konsumen 100 persen. Karena pada dasarnya, kami menggunakan Escrow System,” ujar Vela.
Ia menuturkan, Escrow System dapat dijelaskan seperti berikut:
1. Konsumen yang telah berbelanja di elevenia akan membayarkan transaksi mereka melalui rekening elevenia.
2. Setelahnya, elevenia akan memberikan notifikasi kepada penjual bahwa ada transaksi yang sudah dibayar dan penjual wajib untuk mengirimkan produknya.
3. Setelah produk diterima oleh konsumen, barulah elevenia membayarkan transaksi tersebut kepada penjual yang bersangkutan.
Sedangkan dari sisi penjual, situs e-commerce ini selalu mengecek produk dan para penjual yang telah bergabung di dalamnya. “Bukan hanya mengenai originalitas produk, namun juga kami akan mengecek kredibitilas penjual. Kami menjamin bahwa penjual yang bergabung di elevenia, merupakan penjual yang terpercaya,” tambah Vela.
Tak hanya itu, dari sisi penjual pun, sistem di perusahaan juga akan mengecek bagian layanan kepada pembeli dan pesanan. Elevenia akan mengenakan sanksi kepada para penjual yang nakal, dalam hal ini selalu telat atau bahkan tidak mengirim pesanan konsumen.